Home » Tempat Wisata » Sanur Beach Walk, Jalan Santai Nogkrong Cantik Tepi Pantai

Sanur Beach Walk, Jalan Santai Nogkrong Cantik Tepi Pantai

Salah satu lokasi yang paling bagus menurut saya di sepanjang Sanur Beach Walk. Terdapat kursi-kursi pantai.

Pantai Sanur Bali salah satu dari puluhan pantai yang ada di Pulau Dewata. Keindahan pantai Sanur menjadi daya tarik tersendiri. Baik untuk wisatawan nusantara maupun turis mancanegara. Tidak hanya karena garis pantainya yang sangat panjang juga infrastruktur pendukung yang lengkap.

Jalan setapak paving block yang menyusur pinggir pantai tidak kurang dari 3 kilometer bisa kita tapaki untuk menjejelah garis pantai Sanur. Jalan setapak ini lebih dikenal dengan Sanur Beach Walk. Tidak hanya berjalan kaki kita juga bisa menyewa sepeda kalau yang tidak kuat berjalan di sepanjang garis pantai. Kalaupun kita memilih berjalan kaki sebenarnya sangat nyaman. Karena selain jalan setapak yang bagus, disepanjang Sanur Beach Walk juga banyak sekali tempat nongkrong semisal kita keletihan dan ingin beristirahat.

Lokasi Sanur Beach Walk

Peta jalan menuju Sanur Beach Walk dari arah kuta Bali.

Peta jalan menuju Sanur Beach Walk dari arah kuta Bali.

Kalau berencana ke Sanur Beach Walk paling enak kalau kita menginap di daerah Sanur. Karena kita cukup jalan kaki dari hotel atau penginapan untuk mencapai Sanur Beach Walk. Memang rate hotel permalam di kawasan tergolong lebih mahal dari daerah lainnya seperti Kuta dan Seminyak.

Tapi kalau kamu tidak menginap di daerah Sanur, sebenanya Sanur Beach Walk sangat mudah untuk dicapai. Kalau menggunakan kendaraan pribadi bisa langsung ke Pantai Sanur, atau pilihannya juga bisa ke Hotel Mercure Sanur. Kalau dari Mercure Sanur kamu bisa menyusuri tepi pantai yang akan berujung di Pintu Masuk Pantai Sanur. Kalau menggunakan Taxi memang paling enak kalau kita diturunkan di belakang Mercure Hotel Sanur. Karena ujung Sanur Beach Walk Pintu Masuk utama pantai Sanur lebih ramai. Sedangkan kalau kita mulai dari Pintu masuk pantai Sanur dan berakhir di Belakang Mercure Hotel atau Fairmont Sanur akan lebih sulit mencari angkutan pulang.

Tempat Nongkrong Dan Bersantai di Sanur Beach Walk

Salah satu lokasi yang paling bagus menurut saya di sepanjang Sanur Beach Walk. Terdapat kursi-kursi pantai.

Salah satu lokasi yang paling bagus menurut saya di sepanjang Sanur Beach Walk. Terdapat kursi-kursi pantai.

Di sepanjang Sanur Beach Walk banyak sekali cafe dan tempat nongkrong. Mulai dari yang ala Bule sampai yang selera lokal juga ada. Kebanyakan cafe atau tempat nongkrong ini juga ditata dengan sangat baik. Berada persis di jejeran pantai Sanur. Berdiri di atas pasir dengan beragam desain unik dan menarik. Cafe-cafe dan tempat nongkrong ini menyediakan baik makanan berat maupun cemilan dan minuman. Paling banyak kalau saya amati yang bersantai sembari menikmati bir.

Harga yang ditawarkan di tempat-tempat nongkrong pinggir pantai Sanur Beach Walk ini tergolong mahal. Bahkan untuk ukuran rata-rata di Bali sekalipun saya bilang mahal. Tak ayal lebih banyak turis asing yang nongkrong santai di cafe-cafe ini. Sedangkan wisatawan nusantara lebih banyak nongkrong di pasir pantai dengan membekali diri berbagai cemilan termasuk saya tentu saja :).

Di Sanur Beach Walk juga berderet penjual souvenir. Asesoris serta pernak-pernik khas bali. Buat suka belanja pernak-pernik bisa melihat-melihat di Sanur Beach Walk. Saya sendiri tidak menyarankan untuk membeli oleh-oleh pernak-pernik dan asesoris di tempat ini. Karena harga yang ditawarkan kadang-kadang bagi saya tidak masuk akal. Kalau mau belanja oleh-oleh lebih baik langsung saja ke pusat oleh-oleh Bali seperti Krisna Bali.

Apa Bagusnya Sanur Beach Walk

Sanur Beach Walk yang masih terjaga kebersihananya sangat cocok buat bersantai.

Sanur Beach Walk yang masih terjaga kebersihananya sangat cocok buat bersantai.

Menurut saya di banding pantai Kuta dan Seminyak pantai sanur lebih bersih. Mungkin karena disepanjang Sanur Beach Walk ini juga terdapat deretan hotel mewah yang langsung berbatasan dengan garis pantai. Jadi masalah kebersihan pantai sepertinya pihak hotel juga ikut ambil bagian. Karena beberapa kursi pantai dilabeli beberapa brand hotel terkenal.

Infrastruktur juga sangat dijaga dengan baik. Jalan setapak untuk menyusuri pantai Sanur juga sangat nyaman untuk dijalani. Saya tidak menemui kerusakan berarti yang dapat mengganggu jalan santai kita. Di Sanur Beach Walk pas saya kesini, saya juga tidak menemukan pengasong, atau yang menawarkan berbagai jasa seperti pijat, tato atau yang lainnya.

Semua pernjual yang membuka usahanya di sepanjang Sanur Beach Walk juga tergolong rapi. Dengan penjual suvenir yang tidak off-side menjajakan dagagangannya. Beberapa cafe juga sepertinya sangat tanggap dengan kerapian tempat. Tidak terlihat tumpukan karung, sisa makanan, atau sampah berserakan di sekitar cafe dan tempat nongkrong sepanjang Sanur Beach Walk.

Kalau tidak salah, buat yang mau nyoba olah raga paragliding juga bisa dilakukan di Sanur Bali. Waktu saya sempat melihat beberapa orang berlatih cara menggunakan alat dan teknik untuk melakukan olah raga ini. Bahkan ada kursus atau sekolah khususnya di Pantai Sanur Bali.

Beberap Tips Mengunjungi Sanur Beach Walk

Kalau tujuan kita untuk berjalan kaki menyusuri Sanur Beach Walk jangan lupa untuk makan dulu, kecuali budget liburan besar bisa mencoba makan di Sanur Beach Walk. Sedangkan kalau budget liburan tidak terlalu besar lebih baik makan dulu di luar kawasan dan bawa cemilan serta minuman secukupnya.

Sewa sepeda lebih baik dari luar kawasan Sanur Beach Walk. Karena biaya sewa biasanya lebih murah daripada kalau sewa di tempat. Setau saya juga tidak ada larangan membawa sepeda dari luar kawasan Sanur Beach Walk.

Kalau mau berenang, jangan lupa membawa baju ganti. Karena kalau kita berenang di pantai yang letaknya agak ditengah-tengah Sanur Beach Walk akan sulit berjalan lagi ke ujung dengan pakaian basah.

Lebih baik cuci mata saja di Sanur Beach Walk, sedagkan untuk belanja langsung saja ke Pusat oleh-oleh Bali. Dan jangan terlalu sensitif ke penjual baik pedagang Souvenir atau pekerja cafe atau tempat nongkrong. Karena beberapa kali saya ke Bali memang Wisatawan Nusantara sering dinomor 2 kan dibanding Turis Asing.

3 tanggapan pada “Sanur Beach Walk, Jalan Santai Nogkrong Cantik Tepi Pantai”

  1. Hahaha biasanya yang udah dikota tu agak rese, kalau gw pernah yang dipinggir masih baik-baik om. Beberapa malah kelewat baik kalau gw bilang. Tapi mungkin pas lagi ga beruntung aja om.

  2. Quote “Bali memang Wisatawan Nusantara sering dinomor 2 kan dibanding Turis Asing” hahaha bner bro agak malas mau balik ke bali gegara ini. ::peace::

  3. Bagus juga ya sanur beach walk, udh 2 kali ke bali tp ga pernah kepikiran ke daerah sini. Soalny liat bbrp website online daerah sanur katanya lebih mahal.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *