Menu Tutup

3 Pantai Cilacap Tujuan Populer Wisatawan

Salah satu dari 3 pantai populer di Pulau Nusa Kambangan Cilacap.
Share

Pantai Teluk Penyu, Pantai Karang Bolong dan Pantai Karang Pandan, 3 pantai Cilacap yang masih menjadi tujuan populer pelancong yang berkunjung ke kota ini.

Kabupaten Cilacap memang tidak setenar kota-kota tujuan wisata lainnya di Jawa Tengah. Namun, bukan berarti Cilacap tidak layak untuk dikunjungi. Beberapa tempat wisata menarik bisa menjadi tujuan ketika berada di kota ini. Pantai, situs peninggalan sejarah, kuliner bisa menjadi pilihan.

Buat yang suka dengan laut, pantai tentu menjadi pilihan utama. Di Cilacap ada beberapa pantai yang populer dikunjungi wisatawan. Memang jika dibanding pantai-pantai di utara Jawa pantai Cilacap, menurut saya pribadi masih kalah bagusnya. Beberapa Pantai Cilacap yang kerap dikunjungi wisatawan :

1. Pantai Teluk Penyu Cilacap

Pantai Teluk Penyu Cilacap, pantai yang berlokasi tepat di seberang benteng Pendem. Sangat bagus untuk menikmati Sunrise di Pagi Hari.
Pantai Teluk Penyu Cilacap, pantai yang berlokasi tepat di seberang benteng Pendem. Sangat bagus untuk menikmati Sunrise di Pagi Hari.

Pantai teluk penyu berada di Selatan Cilacap. Pantai yang selain dipakai untuk pantai wisata juga berfungsi sebagai pelabuhan nelayan setempat. Pantai Teluk Penyu dibagi menjadi 2 area. Area yang dekat dengan pintu masuk utama Teluk Penyu dan Area yang berada di seberang Benteng Pendem.

Area pantai yang bisa dipakai berenang atau bermain yang berada di seberang Benteng Pendem. Jaraknya cukup dekat dari pintu masuk utama Teluk Penyu, kurang lebih 1 – 2 km. Dari area ini juga biasa dipakai untuk keberangkatan bagi pengunjung yang ingin menyebrang ke Pulau Nusa Kambangan.

Suasana di Pantai Teluk Penyu cukup adem, karena banyaknya pepohonan yang berada di pinggir pantai. Pasir Pantai Teluk Penyu berwarna kehitaman dengan tekstur yang agak kasar.

Sedangkan pantai yang berada di dekat Pintu Masuk Teluk Penyu diperuntukkan sebagai pelabuhan bagi Nelayan setempat. Tidak heran ketika kita memasuki teluk penyu langsung disambut deretan kapal nelayan yang berwarna-warni.

2. Pantai Karang Bolong Nusa Kambangan

Pantai Karang Bolong digunakan juga sebagai tempat berlabuh wisatawan yang akan hiking di Pulau Nusakambangan.
Pantai Karang Bolong digunakan juga sebagai tempat berlabuh wisatawan yang akan hiking di Pulau Nusakambangan.

Pantai yang berada di Pulau Nusa Kambangan. Untuk mencapai pantai Karang Bolong kita harus menyewa perahu untuk menyebrang. Biasaya Pantai Karang Bolong menjadi titik awal memulai penjelejahan di Pulau Nusa Kambangan.

Pantai Karang Bolong tidak terlalu luas. Berbeda dengan Pantai Teluk Penyu yang garis pantainya bisa mencapai 2km, di Pantai ini garis pantainya mungkin tidak sampai 100 meter dengan pasir putih yang bertekstur halus.

Kalau untuk dipakai untuk berenang sepertinya agak susah di pantai ini. Karena pantai ini dipakai untuk menaikkan dan menurunkan pelancong yang ingin menjelajah Nusa Kambangan.

3. Pantai Karang Pandan

Pantai Cilacap - Salah satu dari 3 pantai populer di Pulau Nusa Kambangan Cilacap.
Pantai Cilacap – Salah satu dari 3 pantai populer di Pulau Nusa Kambangan Cilacap.

Pantai Karang Pandan masih berlokasi di Pulau yang sama dengan Pantai Karang bolong, Nusa Kambangan. Untuk mencapai pantai ini kita bisa tracking selama 10 menit dengan medan yang relatif mudah.

Kalau tidak terburu-buru bisa melewati Jalur Benteng Portugis yang reruntuhannya masih tersisa di Pulau Nusa Kambangan. Memang waktu tempuh jadi agak lama, tergantung lama waktu kita menyusuri benteng.

Pantai Pasir Putih Karang Pandan memiliki garis pantai yang cukup panjang. Namun agak susah jika dipakai untuk berenang. Karena pantai ini memiliki karang-karang di beberapa titik tepi pantainya.

Mungkin alasan itu juga yang menyebabkan banyak pengunjung yang hanya bersantai di bawah pohon dipinggir pantai sambil menikmati kopi.

Di Pantai Karang Pandan paling banyak didatangan wisatawan, mungkin karena jaraknya yang tidak terlalu jauh dari starting point Pantai Karang Bolong, juga karena banyaknya penjua makanan yang ngaki lima disini.

Secara keseluruhan pantai ini lumayan bagus, namun agak miris ketika melihat sampah-sampah yang berserakan di tepi Pantai. Mudah-mudahan pengunjung dan penjual bisa dengan sadar menjaga kebersihan Pantai.

Bonus : Pantai Tebeng Nusa Kambangan Cilacap

Pantai tebeng terbilang belum terlalu populer, jadi tidak terlalu ramai dan lebih nyaman untuk dipakai berenang.
Pantai tebeng terbilang belum terlalu populer, jadi tidak terlalu ramai dan lebih nyaman untuk dipakai berenang.

Kalau mau berenang sebenarnya pantai ini yang paling asik. Karena pantainya relatif panjang dan tidak banyak karang yang mengganggu. Pasirnya pun memiliki tekstur yang halus sehingga lebih nyaman di kaki. Pantai tebeng relatif tidak populer di kalangan pelancong cilacap terlihat dari sedikitnya pengunjung yang bermain di Pantai ini.

Lokasi pantai Tebeng memang agak jauh dari Pantai Karang Bolong. Kita bisa mencapai pantai ini dengan berjalan kaki sekitar 20 menit. Kalau malas untuk berjalan, ada baiknya pada saat akan menjelajah ke Pulau Nusa Kambangan minta diturunkan di Pantai Tebeng. Dan dijemputnya di Pantai Karang Bolong.

Karena jaraknya yang relatif jauh, jadi tidak banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini. Jadi suasana pantai jadi lebih sepi dan nyaman.

Sedikit tips jika berencana untuk mengunjungi Pantai-Pantai ini, terutama pantai yang berlokasi di Nusa Kamabangan.

1. Jangan lupa membekali diri dengan air minum yang cukup, mengingat semua tempat di Nusa Kambangan akan dijelajahi dengna berjalan kaki.

2. Siapkan fisik karena pulau Nusa Kambangan konturnya perbukitan, memang tidak terlalu ekstrim, tapi kalau semalam habis begadang bisa gempor juga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *