Ujung Geteng Sukabumi, belakangan tempat wisata yang satu ini mulai dikenal dikalangan traveler. Berlokasi di selatan kabupaten Sukabumi menyimpan tempat wisata terutama pantai yang layak untuk dijelajahi. Area yang masih sepi serta tenang sangat cocok yang datang untuk mencari ketenangan Pantai.

Sebenarnya ada beberapa pantai yang bisa ditemui di Ujung Genteng, tapi memang lokasinya agak berjauhan satu dan lainnya. Mengingat akses dari satu pantai dan ke pantai lainnya tidak terlalu baik, jadi agak susah untuk menjangkau beberapa pantai dalam satu hari. Berikut beberapa Pantai di Ujung Genteng yang cukup asik untuk dikunjungi :

Pantai Cibuaya – Pasir Putih Yang Masih Alami

Pantai Cibuaya lokasinya persis di depan Hotel Tutle Beach. Dengan panjang mungkin lebih dari 2 km. Beberapa penginapan yang dekat dengan Pantai Cibuaya diantaranya : Pondok Hexa dan Ocean View Resort serta Hotel Turtle Beach yang bahkan lokasinya persis di tepi Pantai Cibuaya.

Pantai Cibuaya yang lokasinya tepat di depan Turtle Beach Hotel

Pantai Cibuaya yang lokasinya tepat di depan Turtle Beach Hotel

Pantai Cibuaya sendiri berpasir putih namun harus agak berhati-hati jika ingin bermain pasir di Pantai ini. Karena pasirnya sendiri bercampur dengan kulit kerang dan sisa-sisa terumbu karang yang telah mati. Menikmati pantai Cibuaya paling enak di sore hari mejelang sunset. Kalau cuaca sedang bagus kita bisa menikmati Sunset dari Pantai Cibuaya.

Selain sunset aktivitas menarik lainnya di Pantai Cibuaya Ujung Genteng tentu saja berenang. Memang ombak di Pantai Cibuaya tidak terlalu besar, akibat terhalang oleh beberap karang. Bahkan beberapa wisatawan rela basah-basahan untuk mencapai dan berfoto diatas karang yang tidak jauh dari pantai.

Pantai Pangumbahan – Penangkaran Penyu

Kalau di Pantai Cibuaya kita bisa berenang beda halnya di Pantai Pengumbahan. Para pengunjung dilarang untuk berenang, karena ombaknya yang cukup besar. Menurut pendapat pribadi, Pantai Pangumbahan justru lebih bagus dan bersih dibanding Pantai Cibuaya.

Karena di Pantai Pangumabahan – Penangkaran Penyu tidak diizinkan berenang, aktifitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai ini tentu saja melepaskan Tukik atau anak penyu. Balai Konservasi Penyu di Pantai Pangumbahan rutin setiap hari melakukan pelepasan penyu pada pukul 5 sore.

Jadi lebih baik ke Pantai Pangumbahan sore hari, selain cuaca yang sudah cukup teduh kita juga bisa melihat dan ikut terlibat dalam pelepasan tukik.