Setelah menginap semalam di Kawasan Thamel Kathmandu, ke-esokan harinya kita check-out pukul 05:00 pagi menuju Kantipath Road. Jarak dari Thamel ke Kantipath Road tidak lebih dari 1,5 Km dapat ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 20 menit.

Di Kantipath Road sudah berbaris Bus-Bus Toursist yang akan menuju Pokhara. Ongkos Bus mulai dari NPR 600 – NPR 700. Keberangkatan Bus menju Pokhara mulai pukul 07:00 – 07:30 Pagi. Bus Toursist ini cukup nyaman dan bersih.

Tidak perlu khawatir jika tidak sempat sarapan di  hotel. Karena disepanjang Kantipath Road terdapat banyak kios yang menjual makanan & minuman untuk sarapan.

Kantipath Road Bus Pool

Dari Kathmandu bus ke Pokhara bisa didapat di Kantipath Road

Perjalanan dari Kathmandu ke Pokhara memakan waktu kurang lebih 5 Jam. Dengan Total 4 kali perhentian untuk ngemil dan makan. Di Pokhara, bus akan tiba di Terminal Tourist.

Jarak terminal Terminal Tourist ke Kawasan Hotel di Phewa Lake Side Pokhara sekitar 1,5 Km. Bisa ditempuh berjalan kaki 20 menit atau menggunakan Taxi dengan ongkos paling mahal NPR 200.

Moda transportasi lain Kathmandu – Pokhara bisa menumpang Bus Lokal (ongkosnya bisa lebih murah dari tourist bus) atau menggunakan Pesawat.

TIMS & ACAP –¬†Izin Trekking Annapurna Base Camp ABC

TIMS & ACAP ABC Trekking

TIMS & Acap salah dokumen yang wajib dimiliki Trekker yang akan melakukan trekking ABC Annapurna Base Camp

Untuk bisa trekking ke Annapurna Base Camp ada 2 izin yang harus kita miliki. 1) ACAP – Annapurna Conservation Area Project dan 2) TIMS – Trekker Information Management System. Ke 2 izin ini bisa didapat di NTB atau Nepal Tourism Board baik di Pokhara atau Di Kathmandu.

Di Pokhara lokasi kantor NTB – Nepal Tourism Board berada tidak jauh kawasan Hotel sekitar Phewa Lake. Cukup berjalan 15 menit menyusur Danau Phewa. Lokasi persisnya ada di belakang Kantor Polisi Turis.

Di Kantor NTB kita akan diminta untuk mengisi 2 Form, dengan masing-masing melampirkan 2 PasFoto. Untuk setiap izin wajib membayar NPR 2000/orang/izin. Jadi total masing-masing orang akan dikenakan biaya NPR 4000 untuk TIMS dan ACAP.

Pokhara District

Salah satu jalan di Pokhara sekitar Fewa Lake Side

Setelah pengurusan izin selesai kita akan mendapatkan dokumen : 1) TIMS Registration Card For Individual Trekker, 2) Entry Permit (ACA/MCA/GCA), 3) Peta Annapurna Conservation Area dan Annapurna Sactuary Trekking Profile. Di Nepal Tourism Board kita juga meminta Peta Lengkap Pokhara secara Gratis.

Simpan dan bawa dokumen tersebut terutama TIMS & ACAP selama perjalanan Trekking ke Annapurna Base Camp – ABC, karena akan ada pemeriksaan dokumen paling tidak di Pos Desa Nayapul dan Desa Chomrong.