Setelah googling sana-sini akhirnya kita memutuskan untuk menghabiskan 21 hari di Nepal. Rencananya sederhana saja 9 hari Trekking ABC, jalan-jalan di Pokhara, dan bersantai di Kathmandu.

Barang Bawaan

Nepal di bulan Febuari masih dalam kondisi musim dingin. Rata-rata suhu di angkan 12ºC. Cukup dingin untuk ukuran orang Indonesia yang tinggal di daerah Tropis. Untuk barang bawaan tentu menyesuaikan dengan musim dingin, apalagi rencananya kita juga akan Trekking selama 8 Hari di ABC.

Daftar barang bawaan penting (masing-masing) : Jaket (2), Emergency Blanket (1), Head Lamp, Water Bladder (1), Celana Panjang Trekking (2), Sarung Tangan (2), Kaos Kaki Wol (1), Kaos Kaki Biasa (1), Buff (1), Obat-Obatan, Sepatu Trekking / Running (1), Sleeping Bag (1), Sandal serta Uang USD 120 untuk pembayaran visa.

Kondisi jalan di Thamel kumuh dan berdebu

Kondisi jalan di Thamel kumuh dan berdebu

Berangkat Ke Nepal (Soekarno-Hatta — KLIA2 — Tribhuvan Airport)

Nepal salah satu negara yang menerima Visa on Arrival untuk warga Indonesia. Jadi tidak perlu mengurus Visa di Jakarta. Visa akan dibayar dan diselesaikan setibanya di Tribhuvan Airport – Nepal. Keberangkanta menggunakan Air Asia dengan Transit Via Malaysia di KLIA2 – LCCT (Low Cost Carrier Terminal).

Tidak perlu keluar bandara dan imigrasi di Malaysia – KLIA2. Setelah mendarat langsung saja menuju pintu keberangkatan menuju Tribhuvan Airport. Perjalanan menggunakan Air Asia memakan waktu -+ 3,5 Jam dari KLIA2 – Malaysia menuju Tribhuvan Airport.

Setibanya di Nepal – Tribhuvan Airport kita langsung menuju Counter pembayaran Visa. Biaya Visa untuk 15 hari USD 20 dan untuk 30 Hari sebesar USD 40. Siapkan uang pas, untuk menghindari tidak ada kembalian.

Bangunan-bangunan dengan arsitektur jama dulu banyak ditemukan di kawasan Thamel

Bangunan-bangunan dengan arsitektur jama dulu banyak ditemukan di kawasan Thamel

Di Counter ini kita akan mendapatkan bukti pembayaran visa. Siapkan Passport serta bukti pembayaran Visa dan langsung mengantri di loket Imigrasi untuk Cap Passport. Selesai, ambil bagasi dan keluar dari Bandara.

Transport Dari Tribhuvan Airport Ke Hotel di Kawasan Thamel – Kathmandu

Taxi menjadi pilihan utama dari Tribhuvan Airport menuju kawasan Thamel Kathmandu. Karena kita sama sekali belum pernah ke Nepal jadi transportasi umum seperti Bus dan moda angkutan lainnya tidak begitu paham.

Dari Tribhuvan Airport ke Kawasan Thamel Kathmandu cukup dekat hanya menempuh perjalanan 20 – 30 menit dengan jarak sekitar 6 KM. Ongkos Taksi tawar-menawar tapi tidak lebih dari USD 10. Biasa kalau siang USD 7 dan kalau malam kena tambahan biaya menjadi USD 10.

Salah satu kuil yang terdapat di kawasan Thamel

Salah satu kuil yang terdapat di kawasan Thamel

Lebih bagus lagi kalau sudah pesan hotel secara online seperti di Booking.com, Expedia, atau Travel Agen Online Lainnya. Kita bisa minta tolong pihak hotel untuk mengatur penjemputan menggunakan Taxi. Biaya yang dikenakan juga sudah fix USD 7 (Siang).

Please dnt trust to any one in airport because they are looking for easy money and some one try to come in your taxi plz let not them Come in your taxi –  Pesan dari Zen Bed & Breakfast tempat kita menginap di Thamel.

Tips : Tas, Kerir dan barang bawaan tetap di Badan untuk menghindari jasa porter abal-abal. Yang biasanya cuma megang tas minta bayaran USD 5.

Di Kathmandu kawasan thamel kita hanya menginap semalam untuk besoknya melanjutkan perjalanan ke Pokhara dan bersiap untuk Trekking ke ABC.