Menu Tutup

Pantai Kresek Pulau Pari Penangkaran Penyu & Ikan Pari

Pantai Kresek Pulau Pari sering dipelesetkan juga dengan sebutan Pantai Keren dan Seksi.

Salah satu aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Pari yaitu BBQ. Bakar-bakar ikan di pinggir pantai sambil ngobrol psti seru. Salah satu pilihan pantai yang bisa dijadikan tempat BBQ di Pantai Kresek. Pantai yang oleh penduduk lokal dikatakan disingkat dari Pantai Keren dan Seksi. Selain BBQ di pantai kresek kita juga bisa melihat penagkaran Penyu, Ikan Pari serta biota laut lainnya seperti Bintang laut dan Bulu Babi.

Apa Bagusnya Pantai Kresek?

Kalau ditanya apa bagusnya pantai kresek, bisa dikatakan tidak terlalu bagus. Garis pantai tidak terlalu panjang dengan hamparan pasir putih kecoklatan yang dirimbuni pepohonan Kelapa dan Pinus. Relatif tidak banyak yang bisa dilakukan di pantai ini. Untuk berenang juga tidak dimungkinankan karena kedalaman pantai yang terlalu landai, jadi sangat sulit untuk mencari area dalam untuk berenang. Lalu apa saja pilihan kegiatan di Pantai Edukasi ini:

Ikan Pari dan Bintang Laut

Penangkaran Biota Laut : Jangan bayangkan penangkaran yang serius dengan segala pernak perniknya. Penangkaran di pantai kresek dikelola seadanya oleh warga lokal. Penangkaran yang lebih mirip dengan keramba yang biasa ada di sungai-sungai. Di dalam keramba ada beberapa spesies laut pulau pari seperti Penyu, Ikan Pari dan Biota laut seperti Bintang laut.

Yang paling menarik dari penangkaran ini bagi saya tentu ikan pari. Di bayangan saya ikan pari berwarna hitam dengan punggung lebar. Setelah melihat sendiri dari dekat ternyata ikan pari di Pulau pari ini berwarna putih kecoklatan dengan totol-tol serta garis biru cerah. Selain ikan pari, mata juga tertuju ke Bintang Laut yang berwarna biru cerah yang sedang berdiam diri. Ketika diangkat dari air bintang laut bergerak lembut.

Kalau malam lokasi pantai kresek juga sering digunakan untuk acara BBQ para wisatawan
Kalau malam lokasi pantai kresek juga sering digunakan untuk acara BBQ para wisatawan

BBQ : Malam hari sesuai pesanan ke Homestay di tempat menginap kita langsung ke Panti Kresek untuk BBQ. Ikan sudah disiapkan dan langasung dibakar di pantai oleh pengelola homestay. Kita cukup duduk santai menunggu sajian ikan bakar. Enaknya BBQ di pantai tentu suasana dan semilir angin sepoi-sepoi dan ngoberol bareng, lumayan serulah.

Kalau perginya berdua sebaiknya tidak perlu BBQ lebih enak kalau ngborol santai sambil minum beer. Harga beer juga agak mahal di Pulau Pari, per botol Rp 75.000 yang ukuran besar. Mungkin dampak dari kebijakan pelarangan minuman beralkohol.

Tiket Masuk

Pepohonan yang masih rimbun di sekitar pantai Kresek membuat cuaca panas tetap adem.
Pepohonan yang masih rimbun di sekitar pantai Kresek membuat cuaca panas tetap adem.

Tiket masuk pantai Kresek Rp 2000, sebenarnya bukan tiket masuk juga, hanya sekedar donasi untuk warga sekitar yang mengelola. Setiap pagi saya perhatikan area pantai Kresek disapu dan dibersihkan, bisa dibilang pantai cukup bersih. Tidak ada sampah manusa yang ada paling sampah alam. Jadi tidak ada salahnya ngelebihin biaya masuk ke Pantai Kresek biar warga lokal tetap semangat membersihkan Pantai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *