Menu Tutup

Rumah Kopi Ranin Bogor, Ini Kedai Kopi Sejati

Salah satu tag line Kopi Ranin Bogor, ngopi di kota hujan.

Ngopi Sejati, Bogor – Kota Bogor yang terkenal dengan kota hujan, saat ini menjadi salah satu kota yang kerap dikunjungi untuk menghabiskan akhir pekan. Selain wisata alam yang ditawarkan di kota Bogor, wisata kuliner tidak luput menjadi sasaran aktifitas yang bisa dilakukan di Bogor. Perkembangan di kota Bogor yang sangat pesat, terbukti dari mulai banyaknya cafe, restoran dan tempat nongkrong yang tidak pernah sepi ketika weekend tiba.

Iklim udara di Bogor yang masih lebih sejuk dibanding Jakarta juga menjadikan cafe dan tempat nongkrong lainnya tidak pernah sepi. Buat saya yang lumayan senang nongkrong, tentu saja lebih memilih tempat yang tidak terlalu berisik untuk menghabiskan waktu ngobrol dengan teman-teman. Tempat untuk minum kopi kerap menjadi pilihan saya untuk sekedar nongkrong.

Warung kopi atau tempat ngopi kerap saya datangi karena selain tidak terlalu berisik, juga sering menawarkan suasana yang nayaman dan santai. Warung kopi biasa didominasi dengan orang-orang yang ingin ngobrol santai, berdiskusi dengan teman, sekedar baca buku atau menghabiskan waktu berdua dengan laptopnya. Tidak heran ada istilah ide-ide bagus lahir di warung kopi. Berawal dari kebiasaan melihat orang tua saya yang tiap paginya dan malam hari tidak lepas dari secangkir kopi. Minum kopi di pagi hari dan ketika selesai beraktivitas di malam hari akhirnya menjadi rutinitas saya.

Salah satu tempat ngopi di Bogor yang saya datangi belum lama ini adalah Rumah Kopi Ranin. Mendengar nama Rumah Kopi Ranin sesuai dengan temanya tentu saja disini jelas menawarkan Kopi di kota hujan.

Sejarah Singkat Rumah Kopi Ranin Bogor

Kopi Ranin Bogor, Alat Roasting Kopi
Kopi Ranin Bogor, Alat Roasting kopi

Ranin atau Rakyat Tani Indonesia, begitulah singkatan dari Ranin. Rumah Kopi Ranin digagas oleh dua orang sahabat bernama Tejo Pramono dan Uji Sapitu. Berawal dari penikmat kopi, Rumah Kopi Ranin lahir pada tahun 2012 di Bogor. Ranin konon menghadirkan kopi yang berdasar pada prinsip perjuangan kaum tani.

Dengan merasakan kopi-kopi dari Indonesia, Rumah Kopi Ranin berharap bisa menjadi jembatan menjalin ikatan antara penikmat kopi dengan petani kopi. Karena kopi yang dihidangkan di Rumah Kopi Ranin berasal langsung dan dibeli dari petani kopi Indonesia, dengan tujuan nantinya petani kopi bisa merasakan kesejahteraan. Karena petani kopi di Indonesia konon selama ini  jauh dari kata sejahtera karena perdagangan kopi yang tidak adil.

Belum banyak dari kita yang mengetahui, Indonesia yang termasuk dalam negara ketiga penghasil kopi terbaik di dunia ternyata 90% kopinya diekspor ke luar negeri. Di Rumah Kopi Ranin, penggagasnya berusaha untuk memperkenalkan beragam kopi-kopi di Indonesia yang terkenal diseluruh dunia, agar bisa dikenal dan dinikmati oleh para penikmat kopi di Indonesia.

Lokasi Rumah Kopi Ranin Bogor

Bartender kopi Ranin bogor, kamu bisa memesan dan langsung melihat proses pengolahan biji kopi sampai diseduh dan disajikan.
Bartender kopi Ranin bogor, kamu bisa memesan dan langsung melihat proses pengolahan biji kopi sampai diseduh dan disajikan.

Rumah Kopi Ranin lokasinya cukup mudah dijangkau dan terletak di : Jalan Achmad Sobana No. 22 A, (Dekat dengan bebek slamet, ayam gepuk, baso boboho di bantarjati) Kelurahan Bantarjati, Kecamatan Bogor Utara, Jam Operasional : 10.00 – 23.oo WIB, Telp. : +81 260-70-8572.

Buat kamu yang bukan orang asli Bogor yang mau ke Rumah Kopi Ranin, lokasinya cukup mudah dilihat dari google map. Alternatif dari keluar tol jagorawi atau tol lingkar luar Bogor.

  • Keluar dari Tol Terminal Jagorawi : Belok kanan via Jalan Raya Pajajaran, setelah melewati Nissan Datsun Pajajaran, belok kanan di lampu merah ke Jalan Achmad Sobana (Tanda ke Bantarjati/Cimaphar), lalu putar balik di jalan Artzimar II (melewati apotik Bantarjati di sebelas kiri). Lokasi Rumah Kopi Ranin tepat diseberang Rumah Makan Ayam Gepuk. Jarak dari Terminal baranang siang (keluar tol jagorawi) ke Rumah kopi ranin hanya 3,4 km saja.
  • Keluar dari Tol lingkar luar Bogor : Belok kiri via jalan raya pajajaran, sampai melewati rumah sakit Azra Bogor, belok kiri di lampu merah ke Jalan Achmad Sobana lalu putar balik di jalan Artzimar II (melewati apotik Bantarjati di sebelas kiri). Lokasi Rumah Kopi Ranin tepat diseberang Rumah Makan Ayam Gepuk.

Interior Rumah Kopi Ranin Bogor

Dekorasi Kopi Ranin Bogor, kalau dicermati gambar ini juga menceritakan alat seduh kopi.
Dekorasi Kopi Ranin Bogor, kalau dicermati gambar ini juga menceritakan alat seduh kopi.

Rumah Kopi Ranin terletak di bangunan ruko 3 lantai. Lantai dasar terdapat meja barista & kasir dan beberapa tempat duduk untuk pengunjung. Lantai 2 terdapat sofa sederhana dengan detail seperti laci kayu pas dengan kesan bangku ruang tamu lawas, kursi besi dan meja yang jelas terlihat bekas meja mesin jahit merk singer. Begitu masuk, kamu akan disuguhi dengan foto-foto petani kopi, foto buah kopi yang berwarna merah cerah.

Didepan meja barista saya melihat alat menggiling kopi dan deretan toples-toples yang berisi biji kopi Indonesia. Semerbak aroma kopi sangat terasa begitu saya memasuki Rumah Kopi Ranin. Untuk peminum kopi yang tidak tahu sejarah kopi seperti saya, aroma kopi yang terserap di indera penciuman saya memiliki daya memikat yang sangat kuat. Sensasi menangkap aroma kopi seperti mencium wangi parfum yang saya sukai.

Lantai dasar Rumah Kopi Ranin dilengkapi dengan pendingin ruangan yang diperuntukkan untuk pengunjung yang tidak merokok. Sedangkan untuk pengunjung yang biasa menikmati kopi dengan santai dan menikmati rokok bisa duduk di lantai 2 Rumah Kopi Ranin. Bangku dan sofa yang disusun di lantai 1 dan 2 Rumah Kopi Ranin memiliki jarak yang cukup lega. Cukup nyaman untuk saya dibandingkan jika saya harus duduk terlalu dekat dengan pengunjung yang tidak saling kenal.

Variasi Kopi & Makanan di Rumah Kopi Ranin Bogor

Rak biji kopi di lantai dasar Kopi Ranin Bogor. Kopi yang disajikan langsung diolah dari biji kopi ini.
Rak biji kopi di lantai dasar Kopi Ranin Bogor. Kopi yang disajikan langsung diolah dari biji kopi ini.

Rumah Kopi Ranin menyajikan berbagai macam kopi kualitas premium dari Indonesia. Beraneka ragam kopi seperti Arabica Wamena Papua, Arabica Toraja, Arabica Java Preanger, Linthong, Bali Kintamani, dan dari Sumatera seperti Aceh Gayo, Mandailing. Semua kopi Indonesia yang disuguhkan di Rumah Kopi Ranin digiling langsung pada saat kita sudah memesan. Jadi proses dari awal biji kopi sampai menjadi hidangan kopi bisa dilihat sampai selesai di meja barista.

Keunikan dari Rumah Kopi Ranin selain kita bisa menyaksikan secara langsung bagaimana kopi kita dihidangkan, proses penyajian kopi di sini dilakukan dengan alat-alat manual. Proses menggiling biji kopi menjadi bubuk kopi dilakukan tanpa mesin grinding seperti yang biasa saya lihat. Konon katanya, nikmatnya cita rasa kopi terbaik hanya bisa didapat dari kopinya yang berkualitas, roastingnya (pemanggangan) dan teknik penyajiannya juga harus pas. Selain itu keunikan dari Rumah Kopi Ranin antara lain di sini hanya menjual kopi berkualitas premium arabica dan robusta.

Salah satu tag line Kopi Ranin Bogor, ngopi di kota hujan.
Salah satu tag line Kopi Ranin Bogor, ngopi di kota hujan.

Selain melihat proses menggiling langsung kopi yang dipesan, berbagai teknik penyeduhan kopi dari berbagai belahan dunia juga bisa dilihat disini. Teknik penyeduhan kopi seperti Toebroek Indonesia, Vietnam Drip, Aeropresso, Mola Pot Italia bisa disaksikan disini. Yang tentu saja, keseluruhan prosesnya dilakukan secara manual tanpa mesin.

Di menu Rumah Kopi Ranin saya juga bisa membaca sejarah kopi di Indonesia, proses dan teknik penyajian kopi dan berbagai informasi lain yang dirangkum dengan ringkas. Menu kopi yang dihidangkan di Rumah Kopi Ranin antara lain adalah Espresso, Cappucino, Machiato, Cafe Latte, Toebroek, Iced Coffee, Hot Coffee Milk, Iced Chocolate, Hot Chocolate, Ice Blended Green Tea.

Dengan harga kisaran 18-50 an untuk kopinya tergantung jenis kopi dan teknik penyajiannya. Yang perlu diingat tentu saja, proses mulai dari penggilingan sampai penyajian dilakukan manual tanpa mesin. Harga yang ditawarkan menurut saya pantas dengan proses manual yang dikerjakan, tambahan lagi idealisme mensejahterakan petani kopi di Indonesia yang diusung oleh Rumah Kopi Ranin.

Selain kopi-kopi istimewa yang disajikan di Rumah Kopi Ranin, aneka cemilan juga disuguhkan disini. Hidangan pelengkap kopi luar biasa seperti pisang goreng, tape bakar dan yang jadi favorit saya tentu saja singkong goreng mengingatkan saya akan kebiasaan ngopi orang tua saya tak luput dari singkong goreng. Harga camilan di Rumah Kopi Ranin juga terjangkau tidak lebih dari 20 ribuan.

Keseluruhan Kesan Ngopi di Rumah Kopi Ranin Bogor

Salah satu menu di Kopi Ranin Bogor, kopi tubruk klasik dan sederhana namun berkarakter.
Salah satu menu di Kopi Ranin Bogor, kopi tubruk klasik dan sederhana namun berkarakter.

Kesan yang saya dapat ketika menyambangi Rumah Kopi Ranin sangat berbekas. Proses pembuatan secangkir kopi yang saya pesan, yang semuanya dilakukan secara manual mulai dari proses penggilingan hingga penyajiannya, membuat saya menghargai keunikan yang ditawarkan di Rumah Kopi Ranin. Suasana hangat yang saya dapatkan ketika berada disana sangat membekas. Selain kriteria tempat ngobrol dan ngopi yang pas karena tidak terlalu sesak dengan jarak antar bangku yang cukup luas.

Pengetahuan saya tentang kopi sedikit bertambah dengan semua proses dan ringkasan informasi yang saya dapat di menu Rumah Kopi Ranin. Karena pada saat saya berkunjung adalah hari Sabtu, saya juga berkesempatan untuk menyaksikan dan merasakan cupping atau uji cita rasa kopi. Uji cita rasa kopi dilakukan secara rutin tiap hari Sabtu jam 13.00 WIB. Kebetulan pada saat itu uji cita rasa ini sangat spesial karena sudah menginjak ke 50 kalinya uji cita rasa dilakukan. Selain mengetahui siapa penggagas Rumah Kopi Ranin dan barista-barista yang setia di Rumah Kopi Ranin. Pertanyaan tentang hal-hal yang tidak saya ketahui tentang kopi juga terjawab dengan penjelasan yang dituturkan dengan hangat.

Tips

  1. Buat kamu yang mau berkunjung ke Rumah Kopi Ranin menggunakan mobil, kendalanya cuma parkiran mobil tidak besar. Kalau pakai motor masih bisa santai parkir.
  2. Rumah Kopi Ranin tidak menyajikan makan berat, jadi kalau kamu lapar sebaiknya makan dulu sebelum datang dan minum kopi disini. Kalau buat saya karena ini tempat ngopi tidak terlalu masalah. Singkong goreng buat saya menu wajib yang pas banget di rumah kopi ranin. Menu camilan tradisional yang sederhana di rumah kopi ranin justru sesuatu yang menimbulkan kesan istimewa buat saya.

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *