Menu Tutup

Gunung Salak Endah Wisata Alternatif Puncak

Pemandangan perbukitan Gunug Salak Enadh yang masih hijau dan menyegarkan

Buat kaum urban Jakarta akhir pekan Sabtu dan Minggu tentu sangat berharga untuk dihabiskan bersama keluarga. Tidak hanya untuk melepas stress dan keluar dari rutinitas, tapi juga untuk mengisi waktu berkualitas bersama keluarga. Kawasan wisata yang populer seperti puncak selalu menjadi incaran. Karena udara yang dingin segar serta infrastruktur yang baik menjadi pilihan utama warga Jakarta untuk menghabiskan akhir pekan. Selain puncak Bogor juga punya dataran tinggi yang tidak kalah bagus di Kawasan Gunung Salak Endah.

Lokasi Kawasan Wisata Gunung Salak Endah

Menuju Gunung Salak Endah tidak terlalu sulit. Bisa menggunakan jalur ke arah IPB dermaga terus sampai ke rambu yang menunjukkan arah ke Gunung Salak Endah. Sampai di pintu masuk kawasan konservasi ini sangat terasa perubahan udara yang dingin dan sejuk dikelilingi pepohonan pinus. Masuk ke kawasan Gunung Salak Endah kita dikenakan biaya tiket masuk per orang waktu itu Rp 10.000. Setelah membayar kita bisa langsung menyusuri jalan aspal di bibir bukit.

Pemandangan curam yang hijau sangat memanjakan mata. Kalau sempat bisa mampir ke warung kopi yang ada dipinggir jalan. Warung kopi kampung, tapi karena suasananya yang luar biasa, kopi biasa juga terasa lebih nikmat.

Beberapa Tempat Menarik di Gunung Salak Endah

Gunung Salak Endah menyediakan beragam pilihan tempat menarik. Mulai dari Curug atau air terjun, Treking ke Kawah Ratu, Pemandian Air Panas, dan tentu saja Pemandangan hijau Gunung Salak Endah. Beberapa air terjun yang bisa disingahi diantaranya:

Curug Seribu : Saya juga tidak tau kenapa curug ini dinamakan curug seribu. Mungkin karena tingginya yang seribu meter, tapi kalau dilihat ya tidak mungkin curug ini punya ketinggian sampai 1000 meter. Kalau mau mampir di curug seribu, kamu bisa parkir kendaraan di luar areal yang telah disediakan dan berjalan kaki untuk mencapai curug.

Air terjun atau curug cigemea salah satu air terjun yang tertinggi di Gunung salak endah
Air terjun atau curug cigemea salah satu air terjun yang tertinggi di Gunung salak endah

Curug Cigamea : Air Terjun yang infrastrukturnya paling bagus menurut saya di Gunung Salak Endah. Dari luar kita kita sudah diarahkan untuk parkir di tempat yang sudah ditentukan. dari parkiran langsung menuju Gerbang Pintu Masuk dengan membayar tiket masuk sebesar Rp 5000. Jarak dari pintu masuk ke air terjun lumayan jauh mungkin sekitar 15 menit menuruni anak tangga. Tapi tenang saja, karena pemandangan yang hijau akan membantu membuang rasa letih ketika menuruni tangga-tangga ini.

Di Curug Cigamea kita bisa bersantai sambil menikmati jajanan yang dijual disekitar air terjun. Kalau mau berendam di bawah air terjun juga bisa. Banyak juga pengunjung lain yang berendam, kalau ramai bisa berdesakan. Mengingat luasan area air terjun yang sangat terbatas. Buat yang ingin berfoto, spot paling bagus di batu besar dibawah pohon dengan latar belakang air terjun.

Curug Goa Lumut : Saya tau curug ini karena waktu itu menginap di kawah ratu house. Lokasi air terjunnya tepat di belakang penginapan kawah ratu house. Ke air terjun ini medannya agak susah, setengah jalan hanya ditapaki dengan batu kali dan setengah lagi jalan tanah. Saya tidak merekomendasikan membawa anak-anak ke Air Terjun Goa Lumut karena sulitnya medan.

Curug Goa Lumut salah satu dari beberapa air terjun yang terdapat di Gunung Salak Endah
Curug Goa Lumut salah satu dari beberapa air terjun yang terdapat di Gunung Salak Endah

Air Terjunnya tidak terlalu tinggi namun warna hijau air sangat jelas terlihat sesampai di lokasi curug. Nah, kalau di air terjun ini baru bisa berenang. Tidak seperti kebanyakan air terjun yang biasanya hanya bisa berendam. Di Curug Goa Lumut kita berenang karena limpahan air jatuh ke wadah yang menyerupai Kolam dan lumayan dalam. Tapi kalau mau berenang harus berhati-hati, karena dasar kolam air terjun Goa lumut tidak terlihat. Dan agak sedikit serem juga pas berenang disini, saya langsung berimajinasi gimana kalau tiba-tiba dari dasar kolam keluar ular pyton raksasa…hahahha.

Pemandian Air Panas : Pemandian air panas letaknya tidak terlalu jauh dari curug cigamea. Pemandian air panas di Gunung Salak Endah ini bisa dibilang infrastrukturnya lumayan bagus. Karena akses menuju lokasi sudah dibuatkan tangga batu kali dan semen serta parkiran teratur. Dari pintu masuk kita harus berjalan sekitar 10 menit menuruni tangga untuk mencapai area kolam-kolam pemandian. Ada beberapa kolam yang bisa digunakan untuk mandi air panas. Jangan bayangkan kolam air jernih karena di pemandian air panas ini, air panas di kolam maupun bak mandi sangat keruh.

Jalan Setapak menuju pemandian air panas di Gunung Salak Endah
Jalan Setapak menuju pemandian air panas di Gunung Salak Endah

Kawah Ratu : Kalau yang suka hiking dan ingin sedikit tantangan bisa menyusuri jalan setapak ke Kawah Ratu. Kawah ratu merupakan bebatuan kapur yang mengeluarkan asap berwarna putih dengan pemandangan yang sangat bagus. Kalau berencana ke Kawah Ratu jangan lupa untuk mempersiapkan diri dengan baik, kalau belum terbiasa melakukan pendakian ada baiknya menggunakan pemandu. Selalu waspada dan memperhatikan rambu-rambu yang dipasang disepanjang jalan maupun kawah ratu.

Penginapan di Gunung Salak Endah

Kalau berencana menginap di kawasan Gunung Salak Endah terdapat banyak penginapan. Terutama villa-villa yang dikelola perorangan. Beberapa diantaranya Kawah Ratu House yang lumayan bagus untuk menghabiskan weekend. Waktu itu saya menginap di villa ini. Kalau mau yang pemandangan bagus bisa mengambil kamar dibawah, terpisah dari komplek villa. Harga villa ini tidak terlalu mahal Rp 300.000 – Rp 850.000. Villa lain juga banyak disepanjang jalan kawasan Gunung Salak Endah tapi beberapa kali ke sini selalu menginap di villa Kawah Ratu House.

Suasana Villa Kawah Ratu House di Gunung Salak Endah, masih asri dengan tumbuhan hijau
Suasana Villa Kawah Ratu House di Gunung Salak Endah, masih asri dengan tumbuhan hijau

Kalau mau yang lebih bagus bisa menginap di Michael Resort. Saya belum pernah menginap disini tapi kalau dari luar keliatannya mewah. Sempat cek di websitenya juga bagus, tapi harganya kebetulan belum pas dikantong. Saran saya kalau mau menginap langsung saja menuju tempat yang sekiranya cocok buat kita. Langsung tanya ke pemilik berapa harganya, jangan bertanya dengan orang dipinggir jalan yang tidak kenal.

Tempat Makan di Gunung Salak Endah

Menurut saya tidak ada tempat makan yang spesial di Gunung Salak Endah. Hanya warung-warung makan milik warga setempat. Hidangannya juga standar jajanan selera rakyat seperti pecel lele, pecel ayam, indomie, atau warung makan seperti warteg dengan berbagai jenis menu makanan. Untuk harga makanan tergolong standar kisaran harga antara Rp 15.000 – Rp 25.000 per porsi.

Untuk lokasi warung makan sendiri, banyak berdiri di sepanjang jalan kawasan Gunung Salak Endah. Terserah kita mau pilih yang mana. Tapi kalau saya paling suka makan pecel lele dekat villa Kawah Ratu House. Rasanya biasa saja, tapi tempat makannya di pinggir jurang, jadi sambil makan bisa melihat jurang dan gunung yang luas.

Beberapa Tips di Wisata Gunung Salak Endah

Karena daerah gunung jangan lupa bawa uang secukupnya. Terakhir saya ke sana lokasi ATM agak jauh, harus keluar kawasan wisata dulu di Indomaret atau Alfamart. Jangan lupa tentu saja membawa jaket yang cukup untuk menghangatkan badan. Udara di Gunung Salak Endah masih tergolong dingin, coba rasakan airnya pas mandi smriwilll dinginnya. Usahakan makan sebelum jam 9 malam, karena warung makan di Gunung Salak Endah biasanya sudah tutup lewat jam 9 malam. Jadi, daripada macet-macet ke puncak, Gunung Salak Endah bisa menjadi pilihan menarik buat yang menghindari stress dan untuk mencari ketenangan.

7 Comments

  1. Stogator

    Kalau dibanding dengan puncak lebih lancar pastinya. Agak tersendat di daerah dermaga. Kalau situasinya masih sepi tapi bukan berarti ga da orang sama sekali.

    Overall lebih tenang dan sunyilah daerah gunung salak endah

  2. harman

    ” ke rambu yang menunjukkan arah ke Gunung Salak Endah. Sampai di pintu masuk kawasan konservasi” maksudnya apa ya ? sy cek di google map dgn destinasi “Jalan Raya Gunung Salak Endah, Gunung Picung, Pamijahan, Bogor, Jawa Barat” pas di persimpangan jln raya leuwiliang-bogor diarakah belok kiri masuk ke jl. Bojong Rangkas yg klo lurus terus akan smpe di jalan raya gunung salak endah ? apa itu lokasinya gan ? sy memang lagi nyari tempat refreshing dengan keluarga ke bogor tp bukan kawasan puncak

  3. Stogz

    Hi Gan Harman

    Belum pernah pake Google Map gan klo ke Gunung Salak Endah, tapi kalau dari IPB Dramaga lurus aja sampai ketemu rambu (diarahkan belok kiri) yang mengarahkan kita ke Gunung Salak Endah, belok kiri ikutin jalan sampai Gapura Masuk Kawasan Konservasi Gunung Salak Endah. Kalau sudah sampai itu memang lokasinya, telusuri aja jalannya nanti banyak ketemu villa atau penginapan dan curug-curug.

    Kalau masih bingung pas lewat IPB Dramaga pake GPS gan (Gunakan Penduduk Setempat) alias tanya2 aja, pasti diarahin ke Jalan yang benar, 🙂

  4. harman

    makasih gan, sptinya itu jalan yg sama yg saya lihat dari google map dan michael resort bisa jadi patokannya.

  5. Stogz

    Yup, Klo udah sampe Michael Resort berarti udah nyampe di Gunung Salak Endah Gan.

  6. Rachman priatna

    hallo selamat malam kawan2
    perkenalkan saya Rachman priatna
    tinggal kp ciparay rt03/08
    desa gunugsari,kecamatan pamijahan
    saya dan keluarga asli orang gunung salak endah
    saya terjun guiding di gungsalak dari 1989 hingga sekarang
    bilamana kawan2 akan berlibur ke tempat kami di gungsalak endah,silahkan mampir di de salak homstay,kami mempunyai 2 rumah asat sunda dan macam2 masakan khas sunda
    tersedia 7 kamar ,2 kamar mandi,1 dapur dan 2 kazebo untuk relaxing
    untuk information lebih lanjut silahkan kawan2 kunjung facebook.de salak homestay/Rachman Reizen Reizen
    salam dari orang asli gunung salak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *