Menu Tutup

Wisata Cilacap 5 Aktivias Menarik Untuk Turis

Pelangi setelah sun rise di Pantai Teluk Penyu Cilacap
Share

Cilacap memang bukan tujuan utama dan populer di kalangan wisatawan. Tapi jangan salah, Kabupaten penghasil ikan ini juga menyimpan obyek wisata yang cukup menarik. Memang tidak sebanyak destinasi wisata populer di Indonesia, tapi kalau untuk sekedar menghabiskan long weekend Cilacap bisa menajadi pilihan.

Beberapa tempat menarik seperti Pantai, Situs peninggalan Belanda & Portugis, Makanan serta beberapa aktivitas lainya bisa dicoba untuk menghabiskan waktu selama di Cilacap. Berikut 5 hal menarik yang menarik ketika menghabiskan long weekend di Cilacap:

1. Pantai di Cilacap

Pantai Teluk Penyu Cilacap salah satu obyek wisata di Cilacap.
Pantai Teluk Penyu Cilacap salah satu obyek wisata di Cilacap.

Letak Kabupaten Cilacap yang berada di pinggir laut, diuntungkan secara geografis untuk wisata alam. Beberapa pantai yang cukup bugus bisa dijumpai di Cilacap.

Pantai Teluk Penyu : Pantai teluk penyu, salah satu pantai yang terdapat di Kab. Cilacap. Pantai ini terbagi menjadi 2 zona. Pantai yang dipakai khusus untuk kapal-kapal Nelayan dan pantai yang diperuntukkan bagi wisatawan baik untuk berenang maupun meyebrang ke Pulau Nusa Kambangan.

Pantai Karang Bolong : Pantai yang terletak di Pulau Nusakambangan yang secara administratif masih masuk ke wilayah Kab. Cilacap. Pantai Karang Bolong dapat dicapai dengan menyebrang dari Pantai Teluk Penyu.

Pantai Karang Pandan yang berlokasi di Nusa Kambangan.
Pantai Karang Pandan yang berlokasi di Nusa Kambangan.

Pantai Karang Pandan : Pantai yang berada di timur Pulau Nusa Kambangan. Untuk mencapai pantai ini, pengunjung harus berjalan kaki kurang lebih 15 menit dari Patai Karang Bolong, atau sekitar 30 menit jika di turunkan di Pantai Tebeng.

Pantai Tebeng : Pantai yang lokasinya juga berada di Pulau Nusa Kambangan. Pantai yang agak terpisah cukup jauh dari Pantai Karang Bolong dan Pantai Karang Pandan. Tapi di Pantai Tebeng paling memungkinkan untuk berenang karena pantainya yang relatif tidak berkarang.

2. Situs Peninggalan Sejarah

Tidak hanya pantai dan alam, Kab. Cilacap juga menyimpan situs bersejarah. Bangunan kuno bekas jaman penjajahan dan kolonial Belanda & Portugis bisa ditemui. Salah satunya Benteng, terdapat 2 Benteng yang biasa menjadi tujuan turis kala meilih Cilacap menjadi tujuan wisata.

Bangunan Klinik Benteng Pendem peninggalan jaman kolonial Belanda.
Bangunan Klinik Benteng Pendem peninggalan jaman kolonial Belanda.

Benteng Pendem : Benteng yang berlokasi di Pantai Teluk Penyu. Benteng peninggalan Belanda yang konon dibangun pada tahun 1861. Benteng Pendem secara utuh masih terlihat dengan bangunan-bangunan seperti Barak, Klinik, Penjara masih terlihat kokoh.

Agak kecewa dengan benteng ini ketika di area dalam benteng justru terdapat Patung Dinosaurus seadanya. Yang saya juga bingung apa tujuan dibangun patung tersebut di dalam benteng. Sepertinya patung Dinosaurus itu bukan termasuk peninggalan Benteng Pendem Belanda.

Benteng Portugis Karang Bolong : Benteng yang berlokasi di Pulau Nusa Kambangan. Untuk mencapai benteng ini pengunjung harus menyebrang dan berjalan kaki kurang lebih 5 menit dari pantai Karang Bolong. Bangunan tua yang sekararang sudah tertutupi akar pohon namun masih bisa dibayankan bagaimana kokohnya dulu pada saat masih beroprasi.

3. Wisata Kuliner Cilacap

Makan seafood di teluk penyu selain murah juga enak
Makan seafood di teluk penyu selain murah juga enak

Makan sekarang di kalangan wisatawan tidak lagi hanya sekedar mengenyangkan perut. Bahkan salah satu traveler internasional pernah berkata kalau ingin lebih mengenal suatu tempat cobalah makanan asli penduduknya. Tapi karena Cilacap masih di Indonesia dan masih makan Nasi juga, jadi wisata kuliner di Cilacap makan Seafood.

Cilacap juga terkenal penghasil makanan laut. Baik Ikan, Cumi, Udang dan Lobster, dll. Makan makanan laut atau seafood di Cilacap terbilang cukup murah. Lobster, Udang, Kepiting, per kilo (sudah dimasak) bisa didapat dengan harga dibawah Rp 100.000.

4. Parade Seni Cilacap

Kalau parade seni ini tidak selalu ada. Kebetulan pada saat kita berkunjung bertepatan dengan Hari Jadi Kab. Cilacap. Jadi pada saat malam hari berlangsung perayaan dalam bentuk parade dan arak-arakan. Peserta berasal dari semua Kecamatan yang ada di Cilacap.

Salah satu parade seni dan festival dalam rangka ulang tahun kota Cilacap.
Salah satu parade seni dan festival dalam rangka ulang tahun kota Cilacap.

Pada gelaran parade seni ini kita bisa melihat berbagai atraksi. Baik atraksi budaya, seni, sampai marching band pun ada. Arak-arakan ini berkeling di jalan-jalan sekitar alun-alun Kab. Cilacap. Kalau kebetulan pas Hari jadi dan mau nonton parade ini lebih baik memilih tempat yang tidak terlalu dekat dengan Alun-Alun, karena akan padat sekali.

5. Alun – Alun Cilacap

Kalau di alun-alun sebenarnya tidak banyak yang bisa dilihat. Namun kurang lengkap rasanya berkunjung ke suatu daerah atau kota kalau tidak menginjakkan kaki di pusat bersosialisasi warga setempat. Alun-alun menjadi pilihan selain banyak meyediakan jajanan warga lokal juga terdapat beberapa atraksi dan permainan.

Sebenarnya masih banyak tempat menarik yang baisa dikunjungi di Cilacap. Mengingat kita berkunjung di Long Weekend jadi tidak banyak tempat yang bisa dijelajahi. Silahkan untuk sharing tempat lainnya di Cilacap sebagai referensi kalau ada yang mau berwisata ke Cilacap.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *