Lompat ke konten
Home / Transportasi / Bus Ke Cilacap, Naik Damri Nyaman dan Murah

Bus Ke Cilacap, Naik Damri Nyaman dan Murah

Bus Damri Cilacap Jakarta dengan kondisi yang masih cukup layak

Bus Ke Cilacap naik Damri, selain nyaman dan bersih harganya juga cukup murah dibandingkan dengan tiket kereta api ke tujuan yang sama.

Karena kehabisan tiket kereta api ke Cilacap, dan tidak mau rugi karena hotel sudah dipesan, langsung meluncur ke Terminal Kampung Rambutan. Beruntung begitu masuk langsung ditunjukkan oleh petugas berbaju biru – Dinas Perhubungan, Bus Damri tujuan Cilacap.

Sebenarnya di Terminal Kampung Rambutan, bus ke Cilacap tidak hanya Damri. Ada beberapa perusahaan bus lain yang juga melayani trayek Rambutan – Cilacap. Namun karena alasan fasilitas toilet yang dimiliki Damri akhirnya kita pilih Bus BUMN ini.

Bus ke Cilacap, Jakarta (Kampung Rambutan) – Cilacap

Bus Damri Jakarta Cilacap bisa ditumpangi dari Terminal Kampung Rambutan

Bus Damri Jakarta Cilacap bisa ditumpangi dari Terminal Kampung Rambutan

Kalau berencana naik bus ke Cilacap tidak perlu ragu memilih Bus Damri. Karena kondisi masih bagus dan terawat. Kalau dilihat fisiknya, bus Damri ke Cilacap ini sepertinya bekas bus yang digunakan untuk angkutan Bandara.

Bahkan di bangku bus Damri masih ada tulisan Bandara Soekarno Hatta. Dari segi kebersihan, untuk ukuran bus malam relatif bersih. Memang ada beberapa bagian kursi yang tertangkap mata sudah agak rusak. Namun secara umum masih layak dan tidak terlalu mengganggu kenyamanan penumpang.

Harga tiket sekali jalan memang lebih mahal dari bus lainnya yang melayani rute ke Cilacap. Namun kalau dibanding harga tiket kereta di kelas yang sama jelas lebih murah. Harga tiket bus Damri Jakarta – Cilacap bisa dibeli dengan harga Rp 110.000. Pembayaran dilakukan pada saat bus akan berangkat. Jadi tidak bisa booking tiket, atau beli tiket di awal dulu.

Pemberangkatan ke Cilacap dari Kampung Rambutan, setelah tanya-tanya ke kondektur rata-rata 3 kali / hari. Namun kadang-kadang juga bisa 2 kali tergantung banyaknya jumlah penumpang yang akan ke Cilacap.

Bisa dilihat bagaimana rapi dan bersihnya bus Damri Cilacap - Jakarta

Bisa dilihat bagaimana rapi dan bersihnya bus Damri Cilacap – Jakarta

Pemberangkatan Bus Damri pertama ke Cilacap jam 12.00 WIB siang, Bus ke 2 pukul 15.00 WIB ( Jam 3 Sore) dan yang terakhir pukul 18.00 WIB atau 6 sore. Perjalan ke Cilacap kalau lancar kurang lebih 7 jam, tapi karena waktu itu long weekend perjalan kita mencapai jam 12 Malam. Keluar dari terminal Kampung Rambutan sekitar pukul 17.00 WIB (5 Sore) dan sampai di Cilacap pukul 05.00 WIB pagi.

Sampai di Cilacap bus Damri tidak masuk ke Terminal hanya berhenti menurunkan penumpang dan langsung menuju ke Pool. Kalau menginap di daerah sekitar alun-alun, atau seperti saya di Dafam Hotel Cilacap tidak perlu turun di terminal.

Karena bus akan melewati rute ini, jadi kita langsung diturunkan di titik terdekat dengan penginapan. Kalau menginap di Hotel Dafam akan diturunkan persis di depan hotel. (Baca juga : Pengalaman Kurang Mengenakkan di Dafam Cilacap).

Bus Damri Cilacap – Jakarta

Tampak depan bus Damri Cilacap Jakarta

Tampak depan bus Damri Cilacap Jakarta

Agak berbeda dengan di Terminal Kampung Rambutan Jakarta yang tidak bisa membeli tiket diawal. Untuk pemberangkatan dari Pool Damri Cilacap, kita bisa terlebih dahulu membeli tiket 1 atau 2 hari sebelumnya.

Untuk harga Tiket dari Cilacap – Jakarta sama seperti tiket Jakarta – Cilacap, Rp 110.000. Lokasi pool Damri Cilacap tidak jauh dari Stasiun Kereta Api. Kurang lebih 500 meter persis di pinggir jalan utama.

Kalau berencana liburan dan menginap di Cilacap lihat dulu hotel murah di Cilacap harga mulai Rp 300an Ribu.

Tips Nge-bus Jakarta – Cilacap PP

AC terasa sangat dingin kalau malam, jadi siapkan baju hangat atau kupluk untuk menutupi kepala dari hembusan langsung udara AC.

Bawa makanan (cemilan) dan air mineral yang cukup. Makanan di Jalan AKAP biasanya rasanya tidak terlalu oke dan cukup mahal.

Biar aman dan nyaman pada saat pulang lebih baik langsung membeli tiket untuk pulang ke Jakarta, seumpama kita turun di Pool Damri. Supaya tidak repot bolak-balik, kalau on the spot takutnya bisa tidak mendapatkan tiket karena rata-rata penumpang beli tiket pada saat akan berangkat.

Sesampai di Cilacap beberapa tempat wisata menarik sudah menunggu. Mulai dari Pantai Teluk Penyu, Benteng Pendem, hingga yang sudah sangat terkenal Pulau Nusa Kambangan.

57 tanggapan pada “Bus Ke Cilacap, Naik Damri Nyaman dan Murah”

  1. Jadwal bus ke cilacap / purwokerto yang jalan di atas jam 7 malam ada ga ya biasanya pas pulang kerja abis maghrib jam 7.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.