Menu Tutup

Tari Kecak Pura Tanah Lot & Sunset

Sunset di Tanah Lot

Pura Tanah Lot – Pura di tebing laut, salah satu tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam di Pulau Dewata.

Menjadi salah satu dalam daftar teratas tujuan wisata pelancong domestik dan mancanegara ketika berada di Bali. Pura Tanah Lot sudah pasti tidak pernah sepi. Brosur-brosur yang terdapat di Bandara Ngurah Rai Denpasar yang saya jumpai memampangkan gambar sunset di Tanah Lot dalam berbagai versi. Akhirnya di perjalanan saya yang kesekian kalinya ke Bali berjodoh juga dengan Tanah Lot.

Lokasi Pura Tanah Lot

Gerbang Masuk Pura Tanah Lot
Gerbang Masuk Pura Tanah Lot

Letak Tanah Lot sebenarnya tidak terlalu jauh kalau kita menginap di area sekitar seminyak. Dengan jarak tidak sampai 20 km dari Seminyak, Tanah Lot berada di kota Tabanan.  Dengan jam operasional dari pukul 07.00-19.00 WITA. Tidak perlu khawatir akan nyasar jika jalan sendiri. Mengandalkan google maps sebagai penunjuk jalan sudah cukup.

Plang yang menunjukkan jalan ke arah komplek Pura juga cukup banyak dan jelas.  Biasanya kondisi jalan agak tersendat ketika kita masih berada di daerah seminyak, tetapi begitu memasuki jalan by pass Tanah Lot akan lancar (kecuali libur super panjang). Memasuki komplek Pura, jangan khawatir mau parkir dimana. Karena area parkir Pura Tanah Lot sangat luas. Waktu terbaik untuk mengunjungi Pura menurut saya adalah sore hari.

Tentang Pura di Tanah Lot

Sejarah Pura Tanah Lot dibangun pada abad ke 15 oleh Danghyang Nirartha, yang konon legendanya memindahkan Pura ke tengah pantai. Lalu mengubah selendangnya menjadi ular penjaga Pura. Pura Tanah Lot memang berada di atas karang. Ketika air laut pasang, Pura akan terlihat seperti berada di laut. Terdapat pura lain yang berada di komplek Tanah Lot seperti Pura Karang Bolong. Tetapi tentu saja banyak diantara kita yang hanya tahu Pura Tanah Lot.

Jalan Menuju Pura Tanah Lot
Jalan Menuju Pura Tanah Lot

Papan peringatan untuk berhati-hati dan petunjuk pasang air dengan jelas terlihat begitu saya menuruni anak tangga dan menuju ke arah pantai. Jangan khawatir karena ketika air pasang dan dianggap tidak berbahaya untuk menyebrang ke arah Pura. Kita akan dibantu dan dituntun agar tidak terjatuh terhempas ombak. Bagian atas Pura Tanah Lot ditutup untuk para pengunjung dan dibuka hanya untuk upacara keagamaan saja.

Goa Suci dan Pengawal Pura Tanah Lot

Salah Satu Ular Penjaga Pura Tanah Lot
Salah Satu Ular Penjaga Pura Tanah Lot

Goa air suci terdapat di bagian bawah Pura Tanah Lot. Pengunjung bisa membasuh muka dan meminum air suci yang terdapat di goa ini. Air suci yang konon berasal dari tengah laut ini diyakini dapat menyembuhkan berbagai penyakit dan untuk yang ingin memiliki anak dengan meminum air suci ini dipercaya bisa mendapatkan keturunan.

Ular suci yang konon menjaga Pura bisa dilihat, sentuh dan diabadikan kalau kamu penasaran seperti saya. Goa Ular suci yang terdapat di area Pura terletak berhadapan di depan goa air suci. Tidak lengkap rasanya kalau tidak melihat secara langsung ular yang konon kepunyaan para dewa dan bertugas menjaga Pura Tanah Lot. Jangan ragu untuk melihat dari dekat ular-ular penjaga Pura. Karena kita juga akan didampingi oleh para petugas pura yang berada di goa ular suci.

Sunset dan Tari Kecak di Pura Tanah Lot

Setelah merasakan pengalaman bertemu dengan ular suci dan merasakan air suci. Sambil menunggu matahari terbenam, saya beristirahat dan menikmati cemilan yang dijual oleh para pengasong di area pura. Disebelah kanan Pura Tanah Lot, dan terletak persis di tebing terdapat Pura Karang Bolong. Keunikan dari Pura ini adalah bentuk karangnya yang tentu saja bolong.

Pura Tanah Lot
Pura Tanah Lot

Karang yang sebagian kakinya terdapat di laut dan sebagiannya lagi tersambung dengan tebing memang terlihat indah dan fantastis. Jika beruntung sambil beristirahat dan menikmati pemandangan laut di depan mata dan ombak yang bergulung di pantai di bawah. Kita bisa melihat surfer yang bermain dengan ombak tepat diantara pura tanah lot dan pura karang bolong.

Pertunjukan tari kecak juga disuguhkan ketika matahari terbenam di komplek Pura ini.  Masih berlokasi di area sekitar pura. Menonton pertunjukan bisa menjadi pilihan jika masih ingin santai dan menghindari macet ketika keluar area pura. Tiket masuk pura tidak termasuk pertunjukan tari kecak. Jika ingin menonton, para pengunjung diwajibkan membeli tiket tambahan seharga Rp. 50.000,- untuk wisatawan domestik dewasa dan gratis untuk anak-anak.

Pura Karang Bolong
Pura Karang Bolong

Pertunjukan tari kecak di Pura Tanah Lot bisa dinikmati oleh anak-anak. Pertunjukan yang menceritakan legenda Ramayana dan Shinta serta hanoman. Pertunjukan disajikan dengan berbagai atraksi yang sangat menarik bagi anak-anak. Para penari dalam pertunjukan ini sangat mahir, selain tarian dan narasi menceritakan legenda ini. Atraksi api dan hanoman yang iseng juga beratraksi dengan penonton menjadikan pertunjukan tari kecak sangat berkesan.

Paduan Berkunjung ke Pura Tanah Lot

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika berkunjung ke Pura Tanah Lot :

  • Melihat matahari terbenam diatas tebing setelah berkunjung ke Pura Tanah Lot adalah waktu terbaik. Jangan lupa untuk menghitung jarak dan waktu tempuh. Jika menginap di area seminyak dan sekitarnya, pukul 2-3 sore adalah waktu yang tepat untuk berangkat.
  • Harga tiket masuk Rp. 15.000/orang (wisatawan domestik). Harga tiket pertunjukan tari kecak Rp. 50.000,-/orang.
  • Baju basah, sandal jepit tiba-tiba putus. Jangan khawatir, karena sebelum masuk area pura, banyak kios-kios yang menjual berbagai macam dagangan seperti baju, sandal dan souvenir. Ada kios yang menjual dagangan dengan sistem tawar menawar, ada juga yang sudah mencantumkan harga jadi tinggal pilih.
  • Pakai baju dan alas kaki yang nyaman.

Kesan Pura Tanah Lot Secara Keseluruhan

Kalau sebelumnya di Pura lainnya hampir kena scam, disini relatif aman. Area parkir yang luas juga memudahkan saya untuk parkir. Pasar yang berada di sebelum area masuk Pura ini cukup tertata dan tidak semrawut. Kalau tidak bisa nawar masih banyak kios yang menawarkan harga fixed price. Fasilitas seperti toilet tersedia di dalam maupun luar area Pura.

Salah satu area yang terdapat sampah adalah di sekitar goa tempat melihat ular suci. Mulai dari sampah-sampah bekas makan sampai daun-daun. Selain di area sekitar itu, menurut saya Pura Tanah Lot dan Karang Bolong adalah tempat yang jangan sampai dilewatkan apalagi kalau belum pernah sama sekali.

1 Comment

  1. Kylea

    Tapi agak gelap dan banyak nyamuk pas nonton kecak di tanah lot. Bagusny sih kalau perlengkapan pertunjukkannya diperbaiki, biar penonton lebih nyaman. Terutama kursi yang alakadarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *