Menu Tutup

Pantai Pasir Perawan Paling Cantik di Pulau Pari

Pantai Pasir Perawan yang paling bagus di Pulau Pari diantara pantai lainnya.

Jalan-jalan atau berwisata ke Pulau Pari tidak lain dan tidak bukan tentu pantai yang menjadi incaran. Ada 3 pantai yang infrastrukturnya sudah terkelola cukup baik. Pantai Pasir Perawan, Pantai Kresek dan Pantai Bintang (Star Beach). Dari 3 pantai tersebut Pantai Pasir Putih menurut saya yang paling bagus landscape alamanya. Selain garis pantai yang lebih panjang dibanding ke 2 pantai lainnya.

Aktivitas di Pantai Pasir Perawan

Pantai Pasir Perawan terlihat indah karena tidak hanya karena halusnya pasir putih, tetapi juga bentang alamnya yang terdiri dari beberapa pulau kecil yang berjarak hanya selemparan batu. Laut yang diselimuti warna biru kehijauan toska menambah moleknya pantai ini. Pengunjung bisa berenang dan bersantai di pulau kecil sambil menikmati deretan tamanan bakau. Buat yang hobi surfing sebaiknya membatalkan niat, karena pantai Pasir Perawan dan pantai-pantai lainnya di pulau sama sekali tidak berombak. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan:

Berenang: tentu menjadi aktivitas utama kalau kita berkunjung ke Pantai. Tidak beda dengan di Pantai Pasir Perawan Pulau Pari. Aktivitas berenang bisa kita lakukan dengan bebas dan puas. Untuk kedalaman laut di pinggir pantai juga tidak terlalu dalam. Hanya sekitar 170an cm. Pantainya juga tidak berombak dan relatif sangat tenang, kalau berenang di pantai ini jadi teringat berenang di danau hanya airnya saja yang asin.

Suasana yang cukup tenang di Pantai Pasir Perawan sangat cocok sekedar untuk relaksasi.
Suasana yang cukup tenang di Pantai Pasir Perawan sangat cocok sekedar untuk relaksasi.

Kayak dan Bebekan : di Pantai Pasir Putih juga tersedia kayak dan bebekan yang dikelola warga lokal. Kita bisa menyewa jika malas berenang tetapi tetap ingin berkeliling sekitar Pantai Pasir Perawan. Harga sewa memang tergolong mahal, Rp 80.000 untuk setengah jam permainan. Tapi saya yakin kalau kalau ditawar kemungkinan juga pengelola akan memberikan.

Nongkrong di Bale-Bale : Nah, kalau malas berenang dan berkeliling, nongkrong cantik juga bisa menjadi pilihan. Banyak tersedia bale bambu, bangku-bangku, serta meja patio. Tinggal pilih mana yang paling nayaman untuk santai-santai di pinggir pantai.

Camping dan Nenda : Buat yang suka dan tidak mau berpisah dari suasana alam, sekalian saja camping dan mendirikan tenda di Pantai Pasir Perawan. Ada area khusus yang disediakan pengelola untuk yang berencana camping. Biaya sewa lahan pada saat saya kesana Rp 15.000 tidak termasuk tenda. Kalau tidak membawa tenda bisa juga menyewa, untuk harganya saya tidak tau pasti, tapi dari tanya-tanya santai dengan penduduk sekitar Rp 50.000 – 60.000 permalam.

Makanan dan Minuman di Pantai Pasir Perawan

Salah satu pantai di pulau pari yang masih alami dan cantik.
Salah satu pantai di pulau pari yang masih alami dan cantik.

Deretan penjual makanan dan minuman banyak tersedia di Pantai Pasir Perawan. Kios-kios tersusun rapi dan tidak berantakan jadi tidak mengganggu aktivitas pengunjung. Untuk harga makanan memang relatif mahal, sebagai gambaran 1 porsi cumi bakar dengan rasa biasa saja dijual dengan harga Rp 50.000.

Namun kalau memang sdah kebelet laparnya ya tidak ada salahnya memilih jajanan di kios-kios sepanjang pantai Pasir Perawan.

Beberapa Tips

Jangan lupa membawa pakaian renang, walaupun hanya berencana untuk nongkrong di Pinggir pantai. Karena kalau tiba-tiba ingin berenang bisa langsung ganti kostum.

Di pantai ini pengunjung juga bisa menyewa tenda dari penduduk lokal, kalau tertarik bisa menghubungi PIn BB di gambar.
Di pantai ini pengunjung juga bisa menyewa tenda dari penduduk lokal, kalau tertarik bisa menghubungi PIn BB di gambar.

Supaya lebih hemat, lebih baik makan dulu di luar area pantai, harga lebih murah walaupun pilihan menu makanan tidak terlalu beragam.

Perhatikan barang bawaan, beberapa pelancong saya perhatikan tidak terlalu awas dengan barang-barang bawaan seperti smartphone dan kamera. Jangan sampai sangking asiknya bermain malah kehilangan barang.

1 Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *