Lompat ke konten
Home / Tempat Wisata / Pesona Lokasi Snorkeling Pulau Menjangan Karimun Jawa

Pesona Lokasi Snorkeling Pulau Menjangan Karimun Jawa

Snorkeling Pulau Menjangan – Kalau kamu sudah sampai di Kepulauan Karimun Jawa jangan sampai menyia-nyiakan waktu liburan yang terbatas. Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Karimun Jawa. Mulai dari hiking, tour laut, menjelajah pantai-pantai eksotik, dan yang tidak kalah serunya Snorkeling. Paling enak kalau mau snorkeling di Kepulauan Karimun Jawa dengan menyewa kapal sendiri. Kenapa, karena kita bisa lebih bebas memilih lokasi yang kita mau.

Banyak area atau spot menarik untuk bisa melihat pemandangan bawah laut di Karimun Jawa. Salah satu yang pernah saya kunjungi berlokasi di sekitar Pulau Menjangan. Dari Pulau Karimun Jawa kapal nelayan sewaan membawa kita ke Pulau Menjangan dengan menmpuh perjalanan kurang lebih 20 menitan.

Keindahan taman laut Pulau Menjangan ini tidak perlu diperdebatkan lagi. Dengan kumpulan karang dan koral dengan beragam warna tidak saja memanjakan mata, tetapi juga membawa kita pada sensai baru menikmati alam bawah laut. Kumpulan ikan-ikan yang tidak hentinya berkerjaran seakan menyambut kedatangan kita.

Pulau Menjangan Sensasi Baru Menikmati Snorkeling

Lokasi sekitar pulau menajangan, lokasi snorkling ibarat kolam yang dibuat alam

Lokasi sekitar pulau menajangan, lokasi snorkling ibarat kolam yang dibuat alam

Agak bingung memilih kata yang tepat untuk menggambarkan lokasi snorkeling Pulau Menjangan ini. Sejauh ini, lokasi snorkeling kepulauan menjangan merupakan yang terbaik bagi saya. Beberapa tempat snorkeling seperti kepulauan Pramuka dan di Candidasa Bali bukan tandingan setimpal Pulau Menjangan. Kurang tau kalau dibandingkan alam bawah laut Raja Ampat, soalnya masih mimpi-mimpi mau menjelajah surga di Tanah Papua.

Sebelum sampai di Pulau Menjangan saja, decak kagum sudah mulai merasuk pikiran kita. Hamparan laut biru yang kebersihannya luar biasa tidak henti-hentinya menawarkan kemolekan. Sangking bersihnya perairan di Kepulauan Karimun Jawa ini, saya yang asik merokok di kapal sampai merasa malu sendiri kalau harus membuang puntung rokok ke Laut. Perjalanan 20 menit menuju lokasi snorkeling Pulau Menjangan sama sekali tidak terasa. Tau-tau kapal sudah berhenti dan parkir, tanpa pikir panjang dan pikiran kotor langsung buka baju dan memasang alat snorkeling.

Pemandangan bawah laut kepualaun karimun jawa dengan beragam koral dan ikan berwarna-warni

Pemandangan bawah laut kepualaun karimun jawa dengan beragam koral dan ikan berwarna-warni

Alat snorkeling yang kita gunakan selama snorkeling hari itu dipinjamkan oleh nelayan yang kapalnya kita sewa. Pak Nelayan yang baik itu juga bahkan menawarkan makan siang Gratisss, ikan bakar yang dipancing pada saat kita asik-asik snorkeling.

Karena kapal sudah pada posisi steady dan nelayan sudah memberikan kode mempersilahkan kita kalau mau nyemplung, tidak tunggu lama-lama lagi. Langsung lompat indah untuk merasakan kesegaran air laut Pulau Menjangan. Begitu nyemplung ribuan ikan-ikan langsung menyerbu dan berkerumun disekitar kita. Saya juga bingung waktu itu, ternyata menurut nelayan pemilik kapal, ikan-ikan tersebut memang sudah terbiasa dengan pengunjung. Bahkan kita bisa ngasi makan ikan, karena kebetulan waktu itu bawa bekal biskuit langsung saja letakkan di tangan dan tanpa ragu langsung diserbu ikan-ikan. Rasanya kayak terpai ikan yang biasa ditemui ditempat-tempat spa, tapi dengan ukuran ikan yang lebih besar.

Apa Bagusnya Lokasi Snorkeling Pulau Menjangan Karimun

Lokasi snorkeling kepualauan karimun

Lokasi snorkeling kepualauan karimun

Kalau ditanya apa bagusnya lokasi snorkeling Pulau Menajangan? mugkin kata-kata akan sangat terbatas untuk menggambarkan. Tapi yang jelas bisa saya katakan semua ada disini. Karang yang eksotik, Koral yang terlihat masih segar, lambaian tanaman laut serta ikan-ikan dengan beragam warna bak pertunjukkan teater alam yang sudah dipersiapkan secara matang.

Kalau keindahan bawah laut ini masih dirasa kurang memuaskan, coba pandang ke arah darat Pulau Menjangan. Barisan pohon kelapa hijau melambai lembut seperti mengundang kita untuk singgah dan menyapa. Masih juga belum merasa puas, kita bisa meneropong ke segala penjuru untuk menyaksikan tatatan keteraturan yang sempurna. Tanpa sadar keindahan Pulau Menjangan telah mendorong kita untuk merefleksikan kembali cara pandang kita terhadap hidup dan kehidupan.

Kesan Sempurna Snorkeling Pulau Menjangan Karimun

Pulau menjangan lokasi snorkeling paling bagus yang pernah saya kunjungi.

Pulau menjangan lokasi snorkeling paling bagus yang pernah saya kunjungi.

Kesan kesempurnaan itulah yang hanya terbersit di ketika snorkeling di Pulau Menjangan Karimun Jawa. Tanpa celah, tanpa cela, semua dalam satu nada harmonis yang dipertontonkan oleh alam. Sampai saat ini, saya sendiri belum menemukan tempat yang lebih baik dari Pulau Menjangan untuk snorkeling. Mungkin kalau teman-teman ada masukan boleh, buat nambah referensi surga yang jatuh ke Bumi.

Beberapa Tips untuk yang berencana Snorkeling ke Pulau Menjangan Karimun Jawa:

  1. Lebih baik sewa kapal sendiri, tidak gabung dengan kelompok lain yang belum dikenal. Karena bisa beda keinginan dan akhirnya malah tidak bisa menikmati.
  2. Berangkat dari pagi supaya bisa puas mengunjungi Pulau-Pulau lain selain Pulau Menjangan.
  3. Makan secukupnya, dan bawa bekal makanan dan minuman untuk makan siang.
  4. Bawa biskuit untuk makanan ikan, lihat sendiri serunya dikerumin ikan-ikan.
  5. Bawa Sun Block buat yang tidak tahan panas terik.

2 tanggapan pada “Pesona Lokasi Snorkeling Pulau Menjangan Karimun Jawa”

  1. moga-moga aja masih bersih… kalo liat penduduknya sih pada bersih.. Ga tau deh kalo wisatawannya suka nyampah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.