Home » Tempat Wisata » Pantai Gesing pesona tersembunyi diantara bukit karang

Pantai Gesing pesona tersembunyi diantara bukit karang

Pantai Gesing berpasir putih diapit bukit karang

Pantai Gesing Gunung Kidul memiliki keunikan yaitu lokasinya terapit dua bukit. Pemandangannya juga sangat indah dengan pasirnya yang putih dan air lautnya yang biru. Sehingga tak salah jika banyak menjuluki pantai sebagai salah satu pantai surga tersembunyi.

Sedikit sejarah dulunya pantai ini merupakan jalur favorit bagi perdagangan internasional untuk membeli hasil bumi di Pulau Jawa. Lokasinya yang berbentuk teluk kecil membuat kapal-kapal besar merasa cukup aman untuk bersandar di sini. Namun kini teluk kecil ini berubah menjadi salah satu pantai favorit di Gunung Kidul.

Harga Tiket Masuk Pantai Gesing

Untuk dapat menikmati pemandangan pantai yang indah tiket masuknya sangat terjangkau hanya Rp5.000. Sedangkan untuk tarif parkirnya juga sangat murah yang dibedakan berdasarkan jenis kendaraan.

Baca Juga: 16 Pantai Terbaik di Gunung Kidul

Jam Operasional Pantai Gesing

Lokasi wisata Pantai Gesing terbuka untuk umum setiap hari selama 24 jam. waktu terbaik untuk berwisata ke sini yaitu setiap saat. Keindahan alamnya memiliki keunikannya masing-masing di setiap waktu.Keindahan Pasir Putih & Ketenangan Ombak Pantai Gesing

Salah satu ciri khas dari pantai ini yaitu pemandangan pantai dan lautnya yang indah. Hamparan lautnya memiliki gradasi warna yang indah yaitu dari biru muda hingga tua. Selain itu, pasir pantainya yang putih juga terlihat sangat eksotis.

Keindahan bentang alam pantai ini akan terlihat lebih indah apabila disaksikan dari atas bukit karang. Meskipun memiliki medan yang sedikit sulit, namun rasa lelah tersebut akan terbayar ketika sudah melihat pantai dan laut di bawahnya. Selain melihat pemandangan, pengunjung juga dapat bermain layangan atau bola voli di pantai.

Berenang di Tepi Pantai

Air laut yang jernih serta ombak yang landai membuat pengunjung tidak sabar untuk berenang dan bermain air. Karena airnya yang jernih, maka ketika berenang akan terlihat dengan jelas dasar lautnya. Selain itu, tidak perlu khawatir berenang di sini karena gelombangnya cukup tenang.

Tidak hanya berenang, tepi pantai juga dapat digunakan untuk bermain pasir. Kemudian, jika tidak ingin berenang, maka berjalan-jalan di sini juga dapat menjadi pilihan. Biarkan kaki melangkah tanpa alasnya, agar terkena segarnya air laut yang terbawa ombak.

Surga Bagi Pecinta Fotografi

Pemandangan alamnya yang indah sudah tentu membuat pantai ini menjadi surga bagi pecinta fotografi. Beberapa area di sini sangat strategis untuk mengambil foto. Salah satu lokasi terbaik untuk mengambil foto yaitu dari atas bukit batu karang. Dari sini seluruh pemandangan akan terlihat jelas.

Selanjutnya, tak kalah menarik jika mengambil foto dari tengah pantai maka akan terlihat lautan yang terapit dua batu karang. Kemudian, pengunjung juga boleh berfoto di kapal-kapal nelayan yang sedang bersandar di pantai. Serta jangan lupa juga abadikan momen matahari terbenam jika berada di pantai ini sampai sore hari.

Baca Juga: Sunset Candi Ratu Boko, Salah Satu Yang Terbaik di Yogyakarta 

Menikmati Kuliner Seafood di Pantai Gesing

Di sekitar panti juga terdapat area penampungan ikan dari hasil tangkapan nelayan. Hasil laut ini merupakan bahan baku kuliner restoran di sekitar pantai sehingga terjamin kesegarannya. Banyak warung makan di sekitar pantai yang menjajakan makanan laut dengan harga yang relatif terjangkau.

Kemudian, di samping menu seafood pengunjung juga dapat menikmati segarnya minuman kelapa muda. Makanan dan minuman di sini bisa juga dinikmati di tepi pantai sambil melihat pemandangan laut. Selain itu jika ingin menikmatinya di rumah, makanan juga bisa dibungkus untuk dibawa pulang.

Memancing dari Atas Bukit Batu Karang

Salah satu kegiatan menarik ketika berkunjung ke sini yaitu memancing. Berbeda dengan memancing lainnya, di sini pengunjung dapat memancing dari atas bukit batu karang. Pengalaman yang berbeda akan terasa meski harus mengeluarkan usaha lebih untuk memanjat bukit.

Selain di atas bukit, memancing juga dapat dilakukan di bibir pantai yang landai. Dari sini akan terlihat ikan-ikan yang berenang di antara batu karang yang airnya cukup dangkal. Jika ingin memancing di sini sebaiknya membawa peralatan sendiri. Karena, di pantai ini tidak terdapat tempat penyewaan untuk peralatan memancing.

Fasilitas di Pantai Gesing

Pantai Gesing memiliki fasilitas yang cukup memadai. Fasilitas tersebut yaitu toilet umum, kamar mandi bilas. tempat parkir, dan musala. Selain itu, di sini juga terdapat area berfoto yang dapat digunakan secara gratis. Kemudian, tersedia gazebo dan payung pantai warna-warni sebagai tempat bersantai. Lalu, terdapat banyak warung makan yang siap menjamu wisatawan

Lokasi Pantai Gesing

Lokasi pantai ini terletak di kawasan Gunung Kidul, tepatnya di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Jika berangkat dari Kota Yogyakarta, maka pengunjung harus berkendara sejauh 45 kilometer. Terdapat 3 rute untuk sampai ke sini. Rute tersebut yaitu melalui Jalan Wonosari, Imogiri, atau Parangtritis.

Facebook Comments Box