Home » Tempat Wisata » Curug Leuwi Hejo Tiket & 4 Aktivitas Seru

Curug Leuwi Hejo Tiket & 4 Aktivitas Seru

aliran sungai curug leuwi hejo

Bogor menjadi salah satu kota destinasi wisata yang menampilkan pesona alam Indonesia. Berada di daerah dataran tinggi, bogor dikelilingi banyak daerah pegunungan. Kondisi alam ini memadai untuk menjadikan Bogor sebagai salah satu destinasi wisata alam di Indonesia. Salah satu destinasi alam tersebut yaitu Curug Leuwi Hejo.

Kata curug diambil dari bahasa sunda yang memiliki arti air terjun. Sehingga nama curug ini bisa diartikan Air Terjun Leuwi Hejo. Tempat wisata air terjun ini di kelola oleh Perhutani dan Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) desa Karang Tengah, Kec. Babak, Bogor. Menurut pengelola, curug akan ramai pengunjung pada saat libur panjang. Jumlah wisatawan bisa mencapai hingga 3000 orang. Sedangkan pada hari libur biasa rata-rata pengunjung mencapai 300 orang.

Daya tarik utama air terjun ini adalah suasana sejuk dan asri. Selain itu, letaknya yang tidak jauh dari ibukota menjadi keuntungan tersendiri bagi wisatawan. Belum lagi, terdapat beberapa air terjun disekitar kawasan curug leuwi hejo. Seperti: Curug Barong, Leuwi Cipet, dan Leuwi Liyet.

Aktivitas seru di Curug Leuwi Hejo

Bila tidak terkendala kemacetan, pengunjung bisa sampai ke air terjun ini dengan waktu kurang lebih 1 jam dari Jakarta. Sesampainya di kawasan wisata curug, beragam aktivitas sudah menunggu. Berikut beberapa kegiatan yang bisa dilakukan.

1. Mandi di Air Terjun Curug Leuwi Hejo

Aliran sungai curug leuwi hejo dipercantik dengan bebatuan gunung. foto: googlemap/ Muhamad Aldin Citrawan

Berada di antara lembah-lembah kaki gunung akan memanjakan mata pengunjung dengan pesona alam yang asri. Kebersihan serta kejernihan air terjun yang bersumber dari mata air gunung ini siap menyambut wisatawan. Pengunjung bisa mandi dan bermain air sepuasnya di Curug ini.

2. Berenang di Kolam Alami Curug Leuwi Hejo

Derasnya air terjun yang mengalir dari Curug Leuwi Hejo menyebabkan terbentuknya kolam alami. Kolam yang dipenuhi dengan air bersih yang sangat jernih. Kejernihan kolam ini akan menarik pengunjung untuk berenang ke dalamnya. Saat musim hujan, berenang di Curug ini akan membuat pengunjung menggigil akibat suhu yang cukup dingin.

Rasakan sensasi berenang dikolam alami curug leuwi hejo. foto: googlemap/Hahn Hanifa

3. Berfoto Ala Milenial

Keindahan alam Curug Leuwi Hejo yang dikelilingi oleh sungai yang jernih dan bebatuan besar sayang jika tidak diabadikan. Pemandangan ini akan menghasilkan foto-foto yang menawan dan instagenik. Kawasan wisata yang sangat cocok bagi pecinta fotografi. Baik yang profesional maupun yang sekedar ingin mengisi halaman sosial media.

4. Curug Barong, Leuwi Cipet, dan Leuwi Liyet

Puas bermain di Curug Leuwi Hejo, pengunjung dapat menuju ke Curug Baron, Leuwi Cipet, atau Leuwi Liyet. Ke tiga air terjun ini masih berada di satu kawasan dengan pengelola yang sama. Pintu masuknya berada di gerbang masuk yang sama. Curug Barong berupa air terjun mini, sedangkan Leuwi Cipet dan Leuwi Liyet merupakan sungai yang dikeliling oleh tebing-tebing dan bebatuan besar. Tempat ini akan menambah keseruan berlibur para pengunjung.

Curug barong yang berlokasi tidak jauh dari air terjun leuwi hejo. foto: gooogle/hasan sadiq

Harga Tiket Curug Leuwi Hejo dan Jam Oprasional

Kawasan wisata ini dapat dikunjungi setiap hari baik hari biasa, akhir pekan maupun hari libur nasional. Tempat ini pun menerima pengunjung hingga sore hari. Untuk tiket masuk pengunjung hanya perlu membayar Rp15.000/orang untuk sekali kedatangan. Bagi yang membawa kendaraan dikenakan biaya sebesar Rp8.000. Kemudian untuk memasuki setiap Curug yang berada di 1 pengelolaan akan dikenai biaya Rp10.000/orang untuk tiap Curug yang ingin dikunjungi.

Tiket Masuk Curug Leuwi Hejo
Tiket Masuk Kawasan Rp15.000
Tiket Curug Rp10.000
Kendaraan Rp8.000

Fasilitas

Kawasan wisata ini menyediakan fasilitas yang cukup bagi wisatawan. Baik yang dikelola oleh Perhutani maupun warga setempat. Beberapa fasilitas yang bisa ditemui antara lain : kantin, musola, tempat sampah dan tempat parkir yang aman.

Lokasi Curug Leuwi Hejo

Air terjun ini berada di dekat kawasan Sentul City tepatnya berlokasi di desa karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *