Home » Tempat Wisata » 6 Aktivitas Menarik Di Hutan Pinus Gunung Pancar

6 Aktivitas Menarik Di Hutan Pinus Gunung Pancar

camping ground hutan pinus gunung pancar

Hutan Pinus Gunung Pancar merupakan wisata alam Bogor yang berada di kawasan Taman Wisata Alam Gunung Pancar. Potensi flora yang didominasi oleh pohon pinus (pinus merkusii) ini dikelola oleh salah satu perusahaan pariwisata PT Wana Indah (PT WWI). Berada di ketinggian 2.625 kaki, tempat ini memiliki suhu rata-rata 28 derajat Celcius. Pada malam hari akan cenderung memiliki suhu 24 derajat Celsius dan pada siang hari mencapai 33 derajat Celcius.

Taman Wisata Alam Gunung Pancar memiliki luas kawasan lebih kurang 60 hektar dengan banyak potensi wisata. Taman Wisata Alam Gunung Pancar dikembangkan dan dimanfaatkan menjadi berbagai objek wisata. Tempat wisata yang hanya berjarak 60 km dari pusat kota Jakarta. Menjadikan kawasan wisata ini banyak dikunjungi.

Jam Buka

Gerbang pintu masuk Hutan Pinus Gunung Pancar dibuka 24 jam setiap hari. Tarif yang harus dibayakan untuk memasuki tempat ini berbeda-beda baik pada hari kerja maupun akhir pekan/libur Nasional.

Tiket Masuk Hutan Pinus Gunung Pancar

Untuk memasuki kawasan wisata Hutan Pinus Gunung Pancar, pengunjung akan dibebankan biaya tiket. Namun tidak perlu khawatir, harga tiket masuknya cukup murah.

Harga Tiket Masuk Hutan Pinus Gunung Pancar
Jenis Tiket Hari Biasa Akhir Pekan
Domestik Rp5.000 Rp7.500
International Tourist Rp100.000 Rp150.000

Beberapa wahana dan spot foto biasanya menerapkan tarif khusus.

Aktivitas Wisata di Hutan Pinus Gunung Pancar

Pengunjung yang berwisata ke Hutan Pinus Gunung Pancar dapat menikmati berbagai aktivitas dibawah rimbunnya pepohonan. Beberapa kegiatan yang bisa dilakukan diantaranya:

Kawasan wisata Gunung Pancar Sentul menawarkan berbagai kegiatan outdoor. foto: googlemap/ zakinur alif

1. Berbagai Spot Keindahan Alam

Hutan pinus yang mendominasi wilayah Gunung Pancar menjadikan tempat ini memiliki pemandangan yang khas. Jejeran pepohonan pinus  dapat dijadikan background foto yang menampilkan suasana alam.

2. Piknik

Suasana sejuk dan nyaman menjadikan tempat ini menjadi destinasi berkumpul keluarga yang aman dan menyenangkan. Selain dapat menikmati suasana alam, berpiknik dengan keluarga dapat menjadi pilihan aktivitas di Hutan Pinus Gunung Pancar.

3. Trekking

Kegiatan lain yang bisa dilakukan di kawasan wisata hutan pinus sentul ini yaitu trekking. Kegiatan ini akan membawa pengunjung menjelajah lintasan alam sekitar gunung pancar. Selain menyehatkan badan, kegiatan juga akan cukup menantang mengingat medan yang akan dihadapi.

4. Team Building

Bagi pengunjung yang yang datang bersama rombongan komunitas atau instansi bisa memilih kegiatan ini. Kegiatan yang akan berisi berbagai permainan yang akan disediakan panitia. Selain seru, tujuan kegiatan ini adalah untuk membangun kerjasama team.

5. Camping Ground

Berkemah bisa menjadi pilihan kegiatan jika ingin bermalam di Hutan Pinus Gunung Pancar. Foto: Google Maps/ Bukit 3g Bukit 3g

Kegiatan camping atau berkemah juga dapat dilakukan di Hutan Pinus Gunung Pancar. Udara sekitar hutan pinus yang sejuk serta memiliki lapangan yang cukup luas menjadikan Hutan Pinus sebagai tempat berkemah yang diminati banyak orang.

Pihak pengelola Hutan Pinus ini juga menyediakan dan menyewakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan pengunjung untuk berkemah. Mulai dari tenda, matras, bahan-bahan untuk membuat api unggun, makanan dan banyak lagi. Camping Ground di sini juga mampu menampung aktivitas perkemahan untuk individu hingga rombongan. Sehingga akan memudahkan siapa saja yang akan datang ke sini.

6. Glamping

Glamping atau Glamorous Camping adalah wisata camping dengan fasilitas lengkap. Dengan memilih paket Glamping, pengunjung akan dipermudah oleh pengelola. Segala keperluan perkemahan telah disediakan.

Fasilitas yang ditawarkan diantaranya tenda kasur besar untuk kapasitas 4-8 orang, kipas di dalam tenda, tenda double layer untuk keamanan hujan, alat pemanggang. Meja makan dengan aksesoris lampu gantung, ranger untuk membantu segala keperluan, sudah disediakan juga makanan.

Pengunjung hanya cukup bersantai dan menikmati alam dari tenda masing-masing. Karena semua kebutuhan untuk berkemah telah tersedia.

Lokasi

Kawasan wisata hutan pinus ini berada di Jl. Raya Babakan, Kp. Babakan RT 03/RW05, Desa Karang Tengah, Kec. Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat 16810. Berjarak kurang lebih 30 menit dari Kota Bogor atau 2 jam berkendara jika wisatawan berada di Ibukota Jakarta.

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *