Home » Tempat Wisata » Gunung Pancar Sentul 5 Aktivitas Menarik

Gunung Pancar Sentul 5 Aktivitas Menarik

kawasan wisata gunung pancar sentul

Gunung Pancar Sentul merupakan kawasan wisata yang berada di ketinggian 300-800 m diatas permukaan laut dengan topografi landau sampai bergelombang terjal dengan kemiringan 15-40%. Bagian tertinggi yaitu pada Puncak Gunung pancar 800 m diatas permukaan laut dan Pasir Astana 700 m diatas permukaan laut.

Secara administrasi pemerintahan, Gunung Pancar terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Citcurcup, Kabupaten Bogor. Berdasarkan Keputusan Mentri Kehutanan No. 156/Kbpts-II/1988 tanggal 21 maret 1998, kawasan Hutan Produksi Gunung Pancar mengalami perubahan fungsi menjadi Taman Wisata Alam Gunung Pancar dengan luas 447.5 hektar.

TWA Gunung Pancar memilik suhu 24 derajat pada malam hari hingga suhu 33derajat pada siang hari. Perusahaan yang memegang ijin pengusahaan di TWA Gunung pancar yaitu PT Wana Wisata Indah (PT WWI). Hal ini berdasarkan keputusan Mentri Kehutanan berdasarkan Nomor: 54/kpts-II/93 tanggal 8 Februari 1993.

[lwptoc]

Objek Wisata Gunung Pancar Sentul

Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Pancar dikhususkan untuk pemanfaatan wisata. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan di Taman Wisata Gunung Pancar.

Kawasan wisata Gunung Pancar Sentul menawarkan berbagai kegiatan outdoor. foto: googlemap/ zakinur alif

1. Menikmati Wisata Flora dan Fauna

Di TWA Gunung Pancar pengunjung dapat menikmati pemandangan flora dan fauna. Adapun potensi Flora yang terdapat di Gunung Pancar diantaranya kondang, teurcup, rasamala, puspa, bayur, burahol, mara, putat dan Pinus. Sedangkan untuk fauna, pengunjung dapat menjumpai owa jawa, surili jawa, macan tutul, lutung, babi hutan, ayam hutan, elang ular bido, dan elang hitam.

Gunung Pancar Camping

TWA Gunung Pancar memiliki beberapa titik yang dapat dijadikan tempat berkemah oleh para pengunjung. Beberapa titik yang dapat digunakan untuk Gunung Pancar diantaranya:

  • Perkemahan (Camping Ground) A yang berlokasi di Blok Dorang dengan luas 10.000 m2. Pada titik ini, selain tempat perkemahan juga sudah disediakan beberapa fasilitas yang bias digunakan oleh para pengunjung, yaitu bangunan MCK, 2 unit (12 kamar), bangunan serba guna dengan ukuran 20 x 20 m yang dapat menampung sebanyak 200 – 300 orang.
  • Perkemahan (Campung Ground) B yang berlokasi di lokasi Blok Dorang dengan luas 10.000 m2. Pada titik ini, selain tempat perkemahan juga sudah disediakan beberapa fasilitas yang bias digunakan oleh para pengunjung, yaitu bangunan MCK, 2 unit (12 kamar), bangunan serba guna dengan ukuran 20 x 10 m yang dapat menampung sebanyak 100 – 200 orang.
  • Perkemahan (Camping Ground) C yang berlokasi di Blok Asiah. Di titik ini tersedia lapangan terbuka dengan luas 10.000 m2. Terdapat juga 2 unit MCK dan 12 kamar, dan kapasitas pengunjung sebanyak 100-250 orang.
  • Perkemahan (Camping Ground) D yang terletak di Blok Beurih dengan lapangan terbuka seluas 10.000 m2. Di tempat ini telah di sediakan 2 unit MCK dan 12 kamar, dan terdapat gedung serbaguna dengan apasitas pengunjung 200-3000 orang.

3. Pemandian Air Panas Gunung Pancar Sentul

Selain aktifitas mendaki gunng dan perkemahan, di TWA Gunung Pancar juga terdapat Pemandian air panas. Tempat pemandian ini terletak di Blok Asiah. Terdapat 1 unit bangunan pemandin air panas yang terbagi ke dala 12 kamar. Di pemandian air panas ini juga sudah tersedia Gazobo yang dapat digunakan oleh pengunjung. Selain itu sudah ada juga fasilitas MCK.

Pemandian air panas ini mampu menampung pengunjung sebanyak 50 orang. Biaya masuk ke pemandian air panas yaitu Rp 10.000 / orang dengan tariff parkir Rp 2000 untuk motor. Namun sebelum masuk ke area pemandian air panas akan terdapat pos kecil yang akan memungt biaya sebesar Rp 5000.

4. Outbond

TWA Gunung Pancar juga memiliki wahana untuk melakukan outbond. Lokasi ourbond ini berada di Blok Dorang. Di kawasan outbond juga terdapat wahana Flying Fox sebanyak 1 unit yang dapat di gunakan pengunjung untuk melihat keindahan alam di TWA Gunung pancar dari ketinggian.  Tempat wisata ni mampu menampung pengunjung kurang lebih 50 orang.

5. Tracking Downhill

Di kawasan TWA Gunung pancar juga sudah di sediakan jalur untuk trekking sepeda. Jalur ersebut di mulai dari Blok Cipanas sampai dengan Blok Ciburial. Area trek ini memiliki panjang mencapai 500 meter dan dapat menampung kapasitas treker sebanyak 100 orang.

Paket Wisata

Berikut ini adalah beberapa paket wisata yang ditawarkan oleh pengelola TWA Gunung Pancar:

  • Fun Outbond Camp 2 hari 1 malam Rp 350.000 / pax, Paket ini di rancang untuk pertemuan perusahaan maupun keluarga. Disediakan dengan berbagai permainan dengan tujuan meningkatkan performa tim dan individu.
  • Paket Fotografi Rp500.000 / hari, akan di foto dan di pandu ke view terbaik gunung Pancar.
  • Wedding Party dengan konsep pesta kebun , dengan biaya menyesuaikan permintaan
  • Foto Prewedding Rp750.000 / hari, akan diarahkan, di foto dan di pandu ke view terbaik gunung Pancar.
  • Paket Super Camp Rp350.000/ pax, disediakan tenda dome untuk berlima yang didalamnya terdapat selimut, bed, bantal, tenda café dan kursi untuk duduk.
  • Shooting Rp15.000.000 / hari, untuk keperluan TV dan iklan.
  • Downhill
  • Pancar Camp 2 hari 1 malam Rp 265.000, dirancang untuk kebuthan perusahan dan dilengkapi dengan berbagai permainan.
  • Fun One Day Outbound Rp 280.000 / pax, diperuntukkan untuk perusahan, sekolah atau instasi dengan waktu kunjungan yang singkat.
  • One Day Package Rp 150.000 / pax, diperuntukkan untuk perusahan, sekolah atau instasi dengan waktu kunjungan yang singkat.
  • Camping Perorangan on Tenda Rp100.000 / malam.

Harga Tiket Masuk Gunung Pancar

Pada gerbang pertama untuk memasuk TWA Gunung Pancar akan dikenakan biaya sebagai berikut.

Harga Tiket Gunung Pancar (Taman Wisata Alam)
Jenis Tiket Hari Biasa Akhir Pekan
WNI Rp5.000 Rp7.500
Warga Negara Asing Rp100.000 Rp150.000
Parkir Mobil Rp10.000 Rp15.000
Parkir Motor Rp5.000 Rp7.500

Fasilitas Gunung Pancar Sentul

Adapun fasilitas yang di sediakan oleh pengelola TWA Gunung pancar diantaranya Toilet umum, rest are yang dapat digunakan untuk menikmati suasan alam, parkiran yang luas, pusat informasi, sarana olahraga, tempat bermain anak, shelter, penginapan, dan ruang pertemuan.

Lokasi Gunung Pancar Sentul

Letak Gunung Pancar berada di sekitar perumahan Sentul City-Babakan Madang, Kabupaten bogor atau lebh tepatnya terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Citcurcup, Kabupaten Bogor. Lokasi ini dapat dicapai dengan rute:

  • Pintu tol Sentul City–melalui perumahan Sentul City menuju ke Lokasi Jungle Park–Kantor Desa Karang Tengah–lokasi TWA Gunung Pancar. Kondisi jalan sudah beraspal. Jarak dari pintu tol Sentul City sampai ke lokasi sekitar 13 km, dengan waktu tempuh 20–30 menit.

Kota Bogor (Terminal Baranangsiang) – Jalur Cimahpar – Jayanti – Perumahan Sentul City Jungle Park–Kantor Desa Karang Tengah–lokasi TWA Gunung Pancar. Kondisi jalan beraspal. Jarak dari Terminal Baranang Siang (Kota Bogor) sampai dengan ke lokasi sekitar 20 km, dengan waktu tempuh 60–130 menit.

Untuk Informasi lebih lanjut dapat menghubungi pehak pengelola TWA Gunung Pancar: Telp. +62 21 84200099

Facebook Comments Box

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *